• Jumat, 27 Mei 2022

Survei: Warga Nahdliyin Ingin Ganjar Pranowo Jadi Calon Di Pilpres 2024

- Kamis, 27 Januari 2022 | 15:59 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat berkunjung Ke Lampung.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat berkunjung Ke Lampung.

 

JAKARTA: Direktur Eksekutif CSIIS, Sholeh Basyari menyampaikan Nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU) menginginkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meramaikan kontestasi Pilpres 2024.

Dukungan ini berdasarkan temuan hasil survei yang dilakukan oleh riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS).

Sholeh Basyari mengatakan Pranowo untuk bisa meramaikan bursa Pilpres 2024. Kader PDIP ini berhasil meraup 17,5 persen dan selalu konsisten masuk di tiga besar dalam survei-survei politik.

Ganjar diketahui memiliki nilai elektabilitas dan popularitas yang tinggi. Dia kerap masuk ke dalam top three bursa survei, mengapit nama yang telah berpengalaman seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 20 persen.

Survei ini dilakukan pada 7 Januari 2022 melalui wawancara mendalam. Sampel dipilih secara purposive dengan maksud untuk mendapatkan orisinalitas data dari responden dan demi menghindari kemungkinan data melebar.

Basyari mengatakan responden berasal dari para santri di sejumlah pesantren yang menjadi kantong-kantong suara NU. Pesantren tersebut yakni Pesantren Nurul Jadid, Paiton (Probolinggo); Ponpes Sidogiri (Pasuruan); dan Ponpes An-Nur, Bululawang (Malang).

Kemudian Ponpes Sunan Pandanaran, Sleman (Yogyakarta); Ponpes Raudlatut Thalibin, Leteh (Rembang); Ponpes Asrama Perguruan Islam, Tegalrejo (Magelang); Ponpes Cipasung (Tasikmalaya); Ponpes Buntet (Cirebon); Ponpes Roudhotul Ulum, Menes (Pandegelang); dan Ponpes Darussa'adah, Gunung Sugih (Lampung Tengah).***

Editor: Agung Elang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X