• Rabu, 17 Agustus 2022

Survei LSI Tempatkan Airlangga Paling Diinginkan Jadi Presiden: Problem Solving Turbulensi Covid!

- Selasa, 18 Januari 2022 | 21:49 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ditempatkan Laboratorium Survei Indonesia (LSI) sebagai capres paling dipilih rakyat karena mampu mengatasi pandemi Covid-19 dengan formulasi penyelamatan rakyat dari sektor kesehatan dan ekonomi (AG Sofyan)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ditempatkan Laboratorium Survei Indonesia (LSI) sebagai capres paling dipilih rakyat karena mampu mengatasi pandemi Covid-19 dengan formulasi penyelamatan rakyat dari sektor kesehatan dan ekonomi (AG Sofyan)

JAKARTA: Laboratorium Suara Indonesia (LSI) mengungkap hasil survei teranyar dan terupdate terkait elektabilitas bakal calon presiden 2024 pada Senin di Jakarta (17/1/2022).
 
Publik ternyata menyukai bahkan memilih Airlangga Hartarto jadi Presiden jika pilpres digelar saat ini. Sebanyak 1.850 responden LSI menyatakan tokoh yang paling diinginkan atau dipilih menjadi presiden berdasarkan survei LSI dengan menempatkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengantongi elektabilitas tertinggi.
 
Direktur Eksekutif Laboratorium Suara Indonesia Albertus Dino mengungkapkan, dalam simulasi pertanyaan terbuka, nama Airlangga meraih 19,20 persen suara responden. Di urutan kedua, muncul nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 14,30 persen, disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (11,70 persen).
 
“Ketika 1.850 ditanyakan secara langsung nama yang akan dipilih sebagai presiden jika pilpres digelar disaat survei dilakukan, maka nama Airlangga Hartarto menjadi nama yang paling banyak diinginkan dan dipilih dengan tingkat elektabilitas 19,2 persen,” kata Dino kepada suarakarya.id, Selasa (18/1/2022).
 
Dino juga menyebut, nama Ketua Umum DPP Partai Golkar selalu muncul dengan elektabilitas teratas dalam simulasi pertanyaan tertutup dengan menyodorkan nama-nama tokoh lokal dan nasional.
 
Survei yang dilakoni pada 29 Desember 2021 hingga 13 Januari 2022 ini menempatkan Menteri Senior di dua Kabinet Jokowi ini selalu bertengger  di posisi tertinggi dengan elektabilitas 20,3 persen.
 
Urutan kedua dan ketiga masih diisi dua nama yang sama, yakni Ganjar Pranowo (16,2 persen) dan Prabowo Subianto (15,2 persen).
 
Researcher ini menilai, hasil seperti saat sekarang wajar karena dari survei yang sama, figur calon presiden yang paling banyak diinginkan responden dalam menghadapi dampak ekonomi dan sosial akibat Covid-19 adalah yang mau bekerja melayani rakyat, bukan minta dilayani. Tokoh yang dilihat rakyat adalah figur yang totalitas dalam bekerja untuk keselamatan warga bangsa dan serta mampu melakukan pemulihan ekonomi nasional secara terarah dan sustain akibat turbulensi Pandemi Covid-19.
 
Dalam survei ditemukan sebanyak 83,6 persen responden menginginkan figur yang bisa memberikan problem solving ini bisa menjadi capres.
 
“Sebanyak 90,6 persen responden setuju saat ini bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang bisa mengangkat taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Dino.
 
Survei LSI sendiri menggunakan metode multistage random sampling terhadap 1.850 responden di 34 provinsi. 
 
"Margin of error sekitar 2,3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka," jelas Dino.***

Editor: Agoes Sofyan, SH.MM

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu "Itu Kamu" - Reybong

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:34 WIB

Deklarasi Koalisi Gerindra -PKB  Bisa Bikin Nyaman 

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:00 WIB

Arsul Sani Terima Dewan Pers, Terkait RKUHP

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:59 WIB
X