• Selasa, 28 Juni 2022

Nusantara Nama Ibu Kota Indonesia Yang Baru Di Kalimantan, Diharapkan Segera Operasional

- Selasa, 18 Januari 2022 | 23:18 WIB
Gambar Ibu Kota RI Di Kalimantan (Humas Kementerian PUPR)
Gambar Ibu Kota RI Di Kalimantan (Humas Kementerian PUPR)

 

JAKARTA: Masyarakat  Indonesia lama menunggu kabar ibu kota negara di pulau Kalimantan. Mengingat waktu terus berlalu entah sampai berapa lama cita- cita ibu kota Republik Indonesia yang baru terwujud.

Berbagai perdebatan apakah penting atau tidak ibu kota negara yang baru yang sudah  lama diperbincangkan pakar hingga warga kecil. Pasalnya, letak ibu kota negara di Kalimantan justru sebenarnya menguntungkan semua pihak karena berada di tengah kepulauan nusantara.

Artinya masyarakat kawasan timur Indonesia  apalagi bagian tengah tak perlu terbang hingga berjam-jam. Kalau dari Sorong Papua Barat atau Jayapura Papua hanya memerlukan waktu terbang 2 jam ke Kalimantan.

Dibanding Jakara ditempuh 4 hingga 5 jam terbang  langsung. Tapi beda lagi jika transit di Makassar waktu tempuh  dari Papua bisa satu hari baru tiba di Jakarta. Begitu pun sebaliknya.

Yang jelas masyarakat kawasan Indonesia dari timur hingga barat pasti senang karena waktu tempuh melalui laut maupun udara sangat dekat. Tentunya kabar ibu kota baru ini penting karena diharapkan banyak warga Indonesia. Warga  kawasan barat, tengah barat dan timur akan pasti senang dan bangga dengan kehadiran ibu kota baru ini.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengumumkan nama Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur adalah Nusantara sesuai yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada Jumat lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rapat Pansus RUU IKN di Jakarta, Senin.

Suharso menjelaskan nama Nusantara dipilih karena telah dikenal oleh masyarakat luas sejak dahulu, baik domestik maupun global, sehingga menjadi ikon bagi Indonesia.

Tak hanya itu, kata dia, pemilihan nama Nusantara juga karena mampu menggambarkan kenusantaraan atau keberagaman Republik Indonesia.

“Saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” ujar Kepala Bappenas.

Suharso mengaku sebenarnya nama Nusantara untuk ibu kota baru ini telah ditentukan sejak lama, namun belum diizinkan untuk dibuka ke publik.

“Mengenai nama ibu kota titik-titik itu memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan Surat Presiden itu tapi kemudian ditahan,” jelasnya.

Sebagai informasi Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) ditargetkan selesai pada Januari 2022 dan kini pemerintah gencar untuk mendengarkan masukan dari berbagai pihak termasuk para akademisi untuk menyempurnakan regulasi ini.

Yang jelas masyarakat menginginkan secepatnya pembangunan dan operasional aktifitas ibu kota baru di Kalimantan yang dicanangkan dengan nama Nusantar. Secepatnya, terwujud dalam waktu  yang tidak  terlalu lama. ***

 

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Terkini

X