• Minggu, 2 Oktober 2022

Elektabilitas Tinggi, Survei LSI : Airlangga Hartarto Masih Capres Pilihan Rakyat

- Selasa, 18 Januari 2022 | 09:12 WIB
Airlangga Hartarto. (Humas Partai Golkar)
Airlangga Hartarto. (Humas Partai Golkar)



JAKARTA: Laboratorium Survei Indonesia (LSI) menyelenggarakan survei terkait pilihan partai politik dan calon presiden (capres). Airlangga Hartarto menempati urutan teratas dalam capres pilihan rakyat.

Dalam survei ini responden ditanyakan mengunakan kertas kuisioner mengenai pilihan partai politik jika pemilihan anggota DPR diselenggarakan pada hari saat wawancara survei dilakukan.

Direktur Eksekutif Laboratorium Suara Indonesia (LSI) Albertus Dino mengatakan,jika pemilu legislatif yang memilih anggota DPR diselenggarakan pada hari ini, partai politik apa yang akan Anda pilih?Elektabilitas PDI Perjuangan paling tinggi 17,4 persen.

“Dengan memasukkan hitungan MoE, ada dua partai yang berpeluang mempunyai dukungan suara di atas 10% saat survei dilakukan, yaitu Partai Gokar 17,1 Persen dan Partai Gerindra 14,3 persen,” kata Albertus Dino dalam keterangan tertulis, Selasa (18/1/2022).

Sementara itu, kata dia, partai lain yang memperoleh suara di atas ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4% adalah Demokrat (6,4%), PKB6,2 persen , PKS 5,7 persen dan Partai Nasdem 4,4 persen, PAN 4,1 persendan partai - partai yang dibawah ambang batas parlemen atau parliamentary threshold .

“Diantaranya PPP 2,2 persen, Perindo 1,8 persen, Hanura 1,7 persen, PRIMA 1,6 persen, Garuda 1,2 persen, PBB 1,2 persen, Berkarya 0,9 persen, PKPI 0,8 persen, PSI 0,6 persen, Gelora 0,6 persen, Partai Umat 0,2 persen Namun, masih ada 11,6% persen responden dalam survei ini yang tidak menjawab pertanyaan tentang pilihan,”ujarnya.

Dalam Penelitian ini didapati bahwa Figur Capres 2024 yang di inginkan masyarakat dalam menghadapi dampak ekonomi dan sosial akibat covid 19 adalah Figur pemimpin yang mau bekerja melayani rakyat, bukan minta dilayani diinginkan oleh 83,6 persen responden . kemudian menurut 86,6 persen responden Saat ini bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang mau mendengar apa keluh kesah dan problema rakyatnya setelah itu bekerja keras menyelesaikan problema rakyatnya.

“Dan sebanyak 90,6 persen responden setuju bahwa Saat ini bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang bisa mengangkat taraf hidup dan kesejahteraan masyaraakat serta tegas namun terarah dalam menerapkan program program nya serta menegakkan peraturan,” jelasnya.

Halaman:

Editor: B Sadono

Terkini

R20 Ajak Gotong Royong Wujudkan Tatanan Dunia yang Damai

Jumat, 30 September 2022 | 20:06 WIB
X