• Selasa, 28 Juni 2022

Kelompok Houthi Yaman Klaim Ledakan Tiga Truk Bahan Bakar Dekat Bandara Abu Dhabi, 3 Tewas

- Selasa, 18 Januari 2022 | 00:07 WIB
Asap mengepul dari ledakan tiga truk bahan bakar di dekat Bandara Abu Dhabi
Asap mengepul dari ledakan tiga truk bahan bakar di dekat Bandara Abu Dhabi

DUBAI: Kelompok Houthi Yaman mulai menunjukkan kekuatannya untuk menusuk langsung ke jantung Uni Emirat Arab.

Houthi Yaman yang didukung Iran mengklaim meledakan tiga truk bahan bakar yang menewaskan tiga orang di dekat Bandara Abu Dhabi, UEA, Senin (17/1/2022).  

Jika benar maka ini membuktikan Houthi sudah mampu menghadirkan serangan jarak jauh dari Yaman ke Abu Dhabi yang merupakan kawasan komersial dan pusat wisata jantung UEA.

Menurut laporan Reuters, serangan pesawat tak berawak Houthi di ibu kota UEA akan membawa perang antara kelompok itu dan koalisi yang dipimpin Saudi ke tingkat yang baru, dan dapat menghambat upaya untuk menahan ketegangan regional saat Washington dan Teheran berunding untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir.

UEA, anggota koalisi, telah mempersenjatai dan melatih pasukan lokal Yaman yang baru-baru ini bergabung dalam pertempuran melawan Houthi di daerah penghasil energi Shabwa dan Marib Yaman.

"Dengan para negosiator (nuklir) kehabisan waktu, risiko memburuknya iklim keamanan kawasan meningkat," kata Torbjorn Soltvedt, Analis Utama MENA di perusahaan intelijen risiko Verisk Maplecroft.

Gerakan Houthi telah sering meluncurkan serangan rudal dan pesawat tak berawak lintas batas ke Arab Saudi, tetapi hanya mengklaim beberapa serangan semacam itu di UEA, sebagian besar dibantah oleh otoritas Emirat. 

Tiga orang tewas dan enam luka-luka ketika tiga truk tangki bahan bakar meledak di kawasan industri Musaffah dekat fasilitas penyimpanan perusahaan minyak ADNOC, kata kantor berita negara WAM. Dikatakan mereka yang tewas adalah dua orang India dan seorang Pakistan.

ADNOC kemudian mengatakan sebuah insiden di Depot Bahan Bakar Mussafah pada pukul 10:00 waktu setempat telah mengakibatkan kebakaran dan sedang bekerja dengan pihak berwenang untuk "menentukan penyebab pastinya".

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X