• Rabu, 29 Juni 2022

Airlangga Hartarto “Kartu AS” Penentu Kemenangan Pilpres 2024

- Minggu, 9 Januari 2022 | 01:20 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki modal kuat dan besar menuju pertarungan Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki modal kuat dan besar menuju pertarungan Pilpres 2024

JAKARTA: Airlangga Hartarto disaat bangsa dan negara masih berjuang mengatasi pandemi Covid-19, belum terseret pada pusaran hingar bingar kampanye menampilkan diri sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden menyongsong Pilpres 2024. Padahal sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang  berhasil mengatasi keterpurukan ekonomi di kala pandemi, Airlangga memiliki modal besar dan kuat untuk bertarung tahun 2024.

Bukan saja sebagai calon wakil presiden. Untuk calon presiden, Airlangga juga mumpuni. Apalagi sosoknya yang bersih dari sentuhan kontroversi, Airlangga juga bisa diterima oleh semua pihak termasuk kalangan nasionalis maupun Islam.

Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Toto Izul Fatah, dalam siaran persnya, Sabtu (8/1/2022), mengemukakan,  dalam posisi AH yang sangat strategis tersebut, ‘PR’ besar berikutnya, terutama dalam memanfaatkan sisa waktu dua tahun kedepan, adalah menggenjot dirinya dengan aneka program yang dapat menaikan elektabilitasnya. 

Sehingga, menurut Toto, sumbangan AH terhadap pasangan capres siapapun, akan makin kokoh bukan saja karena tiga keunggulan tadi, tapi juga karena kontribusi elektabilitasnya yang terus naik.

“Intinya, beliau harus sudah mulai sering turun ke bawah untuk menyapa rakyat. Terutama, dalam kontek memenuhi tuntutan salah satu hukum besi untuk menang, yaitu pengenalan, ini masih rendah. Belum lagi soal kesukaan yang wajib terpenuhi jika ingin dipilih,” kata Toto dalam siaran persnya, Sabtu (8/1/2022).

Sekarang berpulang kepada Airlangga apakah akan maju bertarung sebagai Capres atau Cawapres? Kalau akan maju secagai Capres, Airlangga harus jeli mencari pendamping yang akan mengangkat nilai plus yang sudah dimilikinya.

Sedangkan bila cawapres, Airlangga akan menjadi kekuatan potensial sebagai Kartu AS penentu kemenangan capres-capres lainnya. Termasuk nama-nama yang kini melejit seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Menurut Toto Izul Fatah, sejauh pengamatannya, Airlangga memiliki potensi kuat untuk dilamar siapapun capres yang bukan saja ingin mendapat tiket, tapi juga ingin menang dalam kontestasi politik nasional lima tahunan.

Toto yang juga Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA itu menjelaskan, ada sejumlah keunggulan yang dimiliki Airlangga. Pertama, secara personal, AH termasuk figur yang minim resistensinya, sehingga relatif bisa diterima baik oleh kalangan nasionalis maupun kalangan Islam sebagai warga mayoritas di negeri ini.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

X