• Rabu, 17 Agustus 2022

Rudy: Pengukuhan KNPI DKI Oleh Gubernur Anies Tepat, Hindari Konflik Di DPP

- Minggu, 26 Desember 2021 | 13:17 WIB

JAKARTA : Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) versi Haris Pertama menuding Gubernur DKI Jakarta telah membuat KNPI rusak secara konstitusi.

Pasalnya, Anies hadir mengukuhkan DPD KNPI DKI Jakarta Periode 2021-2024 di Balai Agung, Senin lalu (20/12/2021).

Pengukuhan itu merupakan kelanjutan dari hasil Musyawarah Daerah (Musda) Penyatuan yang sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 27-29 Maret 2021. Haris Pertama menilai Anies Baswedan tidak punya hak untuk melantik pengurus DPD Jakarta.

Merespon pernyataan Haris Pertama, aktifis pemuda, Rudy Darmawanto angkat bicara. Rudy mengatakan apa yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta dengan mengukuhkan DPD KNPI DKI Jakarta adalah tindakan tepat guna menghindari konflik di tingkat pusat.

"Haris selaku Ketua Umum gamang dan kurang memahami aturan organisasi. Apa yang telah dilakukan oleh Gubernur DKI dengan mengukuhkan DPD KNPI DKI Jakarta adalah tindakan tepat dan menghindarkan konflik KNPI di tingkat pusat," kata Rudy kepada Wartawan di Jakarta, Sabtu (25/12/2021).

Menurut Rudy, Gubernur DKI tidak melantik, tetapi mengukuhkan pengurus hasil Musyawarah Daerah (Musda) penyatuan KNPI DKI.

"Pengukuhan itu dibenarkan. Nanti bila waktunya pas, maka DPD KNPI DKI dapat dilantik oleh DPP KNPI atau DPP KNPI hasil kongres penyatuan," tuturnya. Rudy menjelaskan, di dalam hukum, Musda itu berlaku hukum 'floor' sebagai kesepakatan peserta Musda.

Artinya siapa saja utusan yang dualisme maka disarankan untuk melakukan islah atau penyelesaian lebih dahulu, bila tidak maka kepesertaannya gugur. Siapapun utusanya apakah OKP yang dualisme, DPD yang dualisme atau juga utusan DPP yang dualisme.

"Jadi berlaku bagi semua utusan harus islah atau melakukan penyelesaian terlebih dahulu apabila masih dualisme maka gugur kepesertaanya," ucap Rudy lagi. Seperti diketahui, saat ini DPP KNPI pecah menjadi 4 kepemimpinan. Pertama versi Haris Pertama, Kedua adalah versi Abdul Aziz yang saat ini sudah digantikan oleh Raden Andreas Nandiwardhana, Ketiga versi DPP KNPI Fajri, dan Keempat DPP Mustahudin.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Lirik lagu "Itu Kamu" - Reybong

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:34 WIB

Deklarasi Koalisi Gerindra -PKB  Bisa Bikin Nyaman 

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:00 WIB

Arsul Sani Terima Dewan Pers, Terkait RKUHP

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:59 WIB
X