• Minggu, 26 Juni 2022

Anies Baswedan Tegasksn IPDN Simpul Pemersatu Indonesia: Siap Berkolaborasi!

- Minggu, 13 Juni 2021 | 23:56 WIB

SUMEDANG: Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D memberikan apresiasi tinggi kepada jajaran Civitas Akademika Institut Pemerintahan Dalam Nageri (IPDN) yang telah menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Terpercaya dalam menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian untuk ditempatkan di tingkat pusat maupun daerah.

Gubernur Anies memercayai IPDN sebagai lembaga pendidikan tinggi telah berkontribusi nyata membentuk kader pamong praja, yang memiliki triple-competence . Yakni kemampuan untuk mengelola kebhinekaan bangsa dan nusantara menjadi kekuatan nasional (tunggal ika), memproses persatuan dan melestarikan kesatuan bangsa (Bhineka Tunggal Ika).

Lalu juga mampu berfungsi sebagai conductor (dirigent) untuk mengelola berbagai fungsi dan tugas yang berbeda-beda, mengidentifikasi konflik atau nada sumbang sekecil apapun dan mengoreksinya sehingga tercipta harmoni antar pihak dan pada gilirannya menghasilkan kinerja maksimal untuk kesejahteraan masyarakat. Dan juga handal untuk berkoordinasi dengan pihak lain yang fungsinya berbeda dan berfungsi sebagai koordinator antar berbagai satuan kerja yang berlainan yang beroperasi dalam suatu wilayah atau daerah.

"IPDN adalah simpul pemersatu bangsa, karena di kampus inilah telah dilahirkan, dididik, dan dibentuk putra-putri bangsa dari Sabang sampai Merauke dengan pengalaman kebersamaan yang nilainya sangat kuat. Dan kami (DKI Jakarta-red) sudah merasakan manfaat yang sangat besar atas kinerja dari alumni IPDN selama ini. Terbukti para pejabat jajaran Pemprov DKI Jakarta banyak diisi dari alumni IPDN," ungkap Gubernur Anies saat berkunjung ke Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/6/2021).

Kunker Gubernur Anies ke IPDN setelah sebelumnya meninjau Gudang Pangan Pemprov DKI di Kecamatan Tomo, Sumedang dan melaksanakan kerja sama dengan Gubernur Jabar serta Bupati Sumedang.

Hadir mendampingi Anies antara lain, Plh. Asisten Perekonomian dan Keuangan; Kadis Nakertrans dan Energi; Plt. Kadis Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian; Karo Kerjasama; Karo Umum dan jajarannya. Sedangkan sebagai shahibul hajat dari IPDN adalah Rektor IPDN, Warek, Dekan, Kepala Lembaga, Direktur Profesi, Kepala Biro, Kasat Manggala, Kasat Bina Pelatihan dan jajaran serta perwakilan Praja.

Mantan Mendikbud ini menyebut selain nilai kebersamaan atau solidaritas yang tinggi, alumni IPDN juga dinilai memiliki kompetensi tinggi yang baik ketika diterjunkan dalam ladang pengabdian baik di pusat maupun di daerah seluruh Nusantara.

"Alumni IPDN menjadi garda terdepan khususnya di Pemprov DKI karena mereka memiliki etos kerja yang baik, profesional, dan berintegritas. Mereka terbiasa kerja serius dan tuntas, loyal, dan dapat mengayomi masyarakat ketika harus terjun langsung di lapangan," ujar mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Pada kesempatan itu, Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M juga menyambut hangat kunjungan Gubernur Provinsi DKI Jakarta itu di Kampus Jatinangor. 

Halaman:

Editor: AG. Sofyan

Terkini

X