• Minggu, 26 Juni 2022

Miliki Kapasitas-Kapabilitas, Puteri Komarudin Wakili Grup Asia Pasific Biro Parlemen Perempuan IPU

- Senin, 10 Mei 2021 | 14:12 WIB
Srikandi Beringin Senayan yang juga Anggota BKSAP DPR RI, Puteri Anetta Komarudin
Srikandi Beringin Senayan yang juga Anggota BKSAP DPR RI, Puteri Anetta Komarudin

JAKARTA: Srikandi milenial Beringin Puteri Anetta Komarudin menorehkan prestasi berkat achievement-nya selama ini sebagai anggota parlemen Indonesia.

Pengakuan dunia internasional berhasil dia dapatkan setelah mendapatkan dukungan penuh dari anggota Grup Asia Pasifik dalam keanggotaan Biro Parlemen Perempuan IPU (Bureau of Women Parliamentarians) untuk periode 2021-2025.

Dukungan kepada Puteri didapatkan dalam sesi dari rangkaian sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) atau organisasi parlemen dunia ke-142, Grup Asia Pasifik yang telah menyelenggarakan rapat daring guna menunjuk sejumlah perwakilan untuk menduduki posisi penting dalam badan-badan IPU pada Jumat (7/5/2021).

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya dan Indonesia untuk dapat mewakili Grup Asia Pasifik sebagai anggota Biro Parlemen Perempuan IPU ini. Mandat dan kepercayaan yang diberikan DPR RI serta dukungan penuh dari 36 parlemen negara yang tergabung dalam grup ini menunjukkan keberpihakan dan perhatian yang serius dari parlemen terhadap peran dan kesejahteraan perempuan,” ujar Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini.

Biro Parlemen Perempuan ini merupakan badan tetap pertama di Inter-Parliamentary Union yang didirikan dengan tujuan untuk menjamin pengarusutamaan isu kesetaraan gender dan perempuan di parlemen. Biro tersebut terdiri atas sejumlah anggota parlemen perempuan dari berbagai perwakilan grup-grup geopolitik IPU, seperti Grup Asia Pasifik, Grup Afrika, Grup Arab, Grup Eurasia, Grup Amerika Latin dan Karibia, dan Grup 12 Plus.

Sulung dari mantan Ketua DPR RI, Ade Komarudin ini bertekad bahwa keanggotaannya dalam Biro ini akan memperkuat posisi dan peran perempuan di kawasan Asia Pasifik.

“Tentu saya akan bekerja semakin keras dan selalu memberikan gagasan cerdas untuk memastikan bahwa perempuan di parlemen itu tidak hanya berperan sebagai pelengkap atau hanya sebatas sebagai perwakilan, tapi juga hadir dan aktif dalam membela kepentingan perempuan dalam setiap aktivitas pembangunan. Kami akan terus berupaya agar isu-isu perempuan Asia Pasifik juga mendapatkan tempat dan prioritas di kancah internasional demi kemajuan kawasan ini,” tandas Legislator Senayan Komisi XI ini.

Terpilihnya Wakil Rakyat DPR RI Dapil Jabar VII (Bekasi, Karawang, Purwakarta) sebagai anggota Biro Parlemen Perempuan IPU tidak terlepas dari kiprahnya selama ini di parlemen maupun Partai Golkar dalam menyuarakan isu-isu pemberdayaan ekonomi perempuan dan kepemudaan.

Aktivitas istri dari Andhika Resha Pradipta memang sangat sibuk. Super woman ini juga mengemban amanah sebagai Ketua Grup Kerja Sama Bilateral DPR RI- Parlemen Tiongkok, Ketua Kaukus Pemuda Parlemen, Koordinator Bidang Ekonomi Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) dan juga Wakil Sekretaris Fraksi Partai Golkar bidang Ekonomi dan Keuangan serta Pengurus Harian di Depinas SOKSI. ***

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

X