• Selasa, 26 September 2023

Polemik Penentuan Pendamping Anies Baswedan di Pemilu 2024: Keputusan di Tangan Anies

- Kamis, 8 Juni 2023 | 15:57 WIB
Polemik Penentuan Pendamping Anies Baswedan: Keputusan di Tangan Anies, Partai Demokrat Khawatir Waktu Kerja Pemenangan Pilpres 2024
Polemik Penentuan Pendamping Anies Baswedan: Keputusan di Tangan Anies, Partai Demokrat Khawatir Waktu Kerja Pemenangan Pilpres 2024

SUARAKARYA.ID: Polemik dalam menentukan pendamping Anies Baswedan pada pemilu 2024 terus menghangat. Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan tegas menyatakan bahwa keputusan tersebut ada di tangan Anies Baswedan.

AHY juga menambahkan bahwa partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan, yaitu Partai Demokrat, NasDem, dan PKS, telah sepakat tentang beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

"Terdapat sejumlah kriteria calon wakil presiden yang telah disepakati bersama oleh tiga partai. Semua ini kami serahkan kepada calon presiden kami, Mas Anies Rasyid Baswedan, untuk menentukan siapa yang dianggap terbaik dan dapat membawa kemenangan bersama kami," ujar Ketua Umum Demokrat setelah menjalin silaturahmi dengan Sekretariat Bersama KIB Pendukung Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, pada Rabu (6/6/2023).

Baca Juga: Lirik Lagu Mendung Tanpo Udan Ndarboy Genk

 AHY juga mengingatkan Anies Baswedan untuk segera menetapkan calon wakil presiden.

"Kami juga sependapat bahwa ini harus segera dilakukan karena kami ingin membangun sinergi dan kolaborasi yang lebih terpadu, mulai dari tingkat tertinggi hingga akar rumput," katanya.

Sementara itu, Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menegaskan bahwa pernyataan AHY bukan merupakan desakan bagi koalisi untuk mengumumkan nama yang akan dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Baca Juga: Lirik Jangan jangan Dulu Janganlah Diganggu ... Lagu Ikan Dalam Kolam Viral di TikTok

Partai Demokrat lebih khawatir mengenai waktu penetapan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, karena hal itu akan berdampak pada efektivitas kerja dalam memenangkan Pilpres 2024.

Berdasarkan data dan pengalaman Partai Demokrat, Herzaky menyatakan bahwa waktu yang ideal untuk kerja pemenangan dalam pilpres adalah sekitar 6-8 bulan.

"Berdasarkan pengalaman kami, dalam melakukan kampanye di seluruh Indonesia, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 6-8 bulan, karena bahkan di negara maju, umumnya diperlukan waktu 6 bulan sebelum pemilihan untuk mengumumkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Ini menjadi patokan dan pembelajaran bagi kami," jelasnya.

Baca Juga: Spesifikasi Dan Harga Realme Narzo N53 Dengan Harga 1-2Jutaan Sudah Dilengkapi Dengan 6/128GB

Dia menjelaskan bahwa situasinya akan berbeda jika tingkat elektabilitas Anies Baswedan, seperti yang terlihat dari hasil survei beberapa lembaga, unggul jauh dari pesaingnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Editor: Dimas Anugerah Wicaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gibran Enggan Komentari, Usulan Kaesang Jadi Ketum PSI

Senin, 25 September 2023 | 18:08 WIB

Sah, Kaesang Pangarep Kantongi Friendship Card PSI

Sabtu, 23 September 2023 | 19:22 WIB
X