Kejutan dari Pertemuan Amerika Serikat, Airlangga dan Zulhas Duet Baru Realistis Capres-Cawapres 2024

- Jumat, 26 Mei 2023 | 15:48 WIB
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu di Amerika Serikat sebelum menghadiri pertemuan Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting.  (Ist)
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu di Amerika Serikat sebelum menghadiri pertemuan Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting. (Ist)

SUARAKARYA.ID: Kejutan baru dari Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN). Kedua partai yang mempunyai kekuatan memenuhi ambang batas memajukan calon presiden pada Pemilu 2024 siap memajukan ketua umum masing-masing sebagai capres dan cawapres. Duet Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dinilai mumpuni sebagai Capres dan Cawapres 2024.

Sesuai dengan raihan suara pada Pemilihan Umum 2019, duet Golkar yang meraih suara 17.229.789 dan PAN 9.572.623, mempunyai modal kuat untuk menghadirkan kejutan pada Pilpres 2024. Raihan itu memenuhi ambang batas 22,43 persen atau telah melewati syarat ambang batas 20 persen dari jumlah kursi DPR.

Tampilnya pasangan AirlanggaZulhas akan membuat ada empat pasangan CapresCawapres yang maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebelummya sudah muncul bakal calon presiden Anies Baswedan (diusung Partai Nasdem, Demokrat dan PKS), Prabowo Subianto (Gerindra dan PKB) dan Ganjar Pranowo (PDIP dan PPP). AirlanggaZulhas bisa mengubah skenario Pelpres menjadi dua putaran.

Baca Juga: Misi Bersama Indonesia - Malaysia ke Uni Eropa, Menko Airlangga Perjuangkan Peran Petani Kecil Kelapa Sawit

Mencuatnya duet AirlanggaZulhas merupakan kejutan dari pertemuan Airlangga dan Zulhas di Amerika SerikatAirlangga yang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Zulhas sebagai Menteri Perdagangan bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri pertemuan Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF-MM) di Amerika Serikat (AS). Rombongan Indonesia yang tiba di AS, Kamis (25/5/2023), disambut Duta Besar RI untuk AS, Rosan Roeslani.

Momen itu dibagikan langsung oleh Airlangga di akun twitter @airlangga_hrt.

“Kamis sore ini waktu Detroit, Amerika Serikat, saya dan delegasi Indonesia, khususnya dari Kemenko Perekonomian, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan tiba di Detroit Metropolitan Airport. Kami disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat,” tulis Airlangga dalam twettnya.

Airlangga seperti dilansir medcom.id mengatakan gabungan Golkar dan PAN punya tiket untuk berkompetisi di Pilpres 2024.

"Kami memang sejak lama bersama-sama kuat dan yang paling penting punya tiket. Kami sejak awal di KIB (Koalisi Indonesia Bersatu). Komunikasi sangat baik dan guyub," kata Airlangga, dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat, 26 Mei 2023.

Dia mengaku hubungannya dengan Zulhas pun baik. Keduanya sering bertukar pikiran untuk masalah bangsa.

“Di kabinet, saat ini kami sama-sama di bidang ekonomi," ujar dia.

Baca Juga: LSI Denny JA: Airlangga Hartarto Raih Indeks Cawapres Tertinggi

Hal senada disampaikan Zulhas. Dia mengaku punya kecocokan selama ini bekerja sama dengan Airlangga.

“Hubungan kami berdua sangat panjang dan dekat. Chemistry-nya selalu positif dan saling menguatkan dalam kerja, baik politik maupun pemerintahan," kata dia.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X