• Sabtu, 3 Desember 2022

Jokowi Ramalkan Ekonomi Indonesia 2022 Jauh Lebih Baik

- Rabu, 23 Maret 2022 | 11:21 WIB
Presiden Jokowi. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.)
Presiden Jokowi. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini di tahun 2022 Indonesia akan mampu mengakselerasi pertumbuhan perekonomian nasional jauh lebih baik. Hal ini karena telah tertanam fondasi-fondasi ekonomi yang kuat sejak di masa pandemi di tahun-tahun sebelumnya.

"Dengan fondasi-fondasi tersebut, saya meyakini kita bisa mengakselerasi pertumbuhan perekonomian kita jauh lebih baik di tahun 2022 ini," kata Presiden Jokowi dalam pidatonya sebagai pembicara kunci pada 'CNBC Indonesia Economic Outlook 2022', yang digelar secara daring, Selasa (22/3/2022), disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Presiden, memasuki tahun 2022, fondasi ekonomi nasional semakin kuat karena faktor-faktor sebagai berikut.

Pertama, Indonesia termasuk negara yang berhasil dalam menangani pandemi. Kasus penyebaran virus Covid-19 cukup bisa dikendalikan dan perekonomian sepanjang 2020-2021 terus bergerak, tidak pernah berhenti. Salah satunya, karena Indonesia tidak pernah lockdown, dan ini mempermudah untuk akselerasi.

Baca Juga: Pidato Lengkap Presiden Jokowi Di Sidang Ke-144 IPU: Dunia Hadapi Hal Yang Mengerikan

Kedua, Indonesia telah memulai reformasi struktural yang paling fundamental dan paling komprehensif, tahun lalu. Diterbitkannya Undang-Undang Cipta Kerja, dilakukannya penyederhanaan birokrasi untuk investasi merupakan fondasi besar yang hasilnya mulai bisa dilihat, dan mulai bisa dinikmati tahun 2022 ini.

Ketiga, langkah-langkah hilirisasi sudah berlangsung besar-besaran tahun 2021. Pemerintah gencar menyetop ekspor bahan baku atau raw material dan aktif mendorong hilirisasi di dalam negeri. Tahap demi tahap hilirisasi semakin tinggi, meningkat, dan terus menggerakkan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja dalam negeri.

Keempat, fondasi ekonomi digital sebagai basis ekonomi baru juga sudah cukup kuat. Sebagai gambaran, tahun lalu telah lahir decacorn, dan terus bertambah jumlah unicorn di dalam negeri. Hal ini sebagai bukti bahwa infrastruktur digital semakin meluas dan ekosistem digital juga semakin kondusif.

Baca Juga: Sidang Ke-144 IPU: Jokowi Pesimis Perubahan Iklim Dapat Dicegah, Puan Dorong Perdamaian Global

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

X