• Selasa, 25 Januari 2022

Presiden Lantik 12 Dubes LBBP Untuk Italia, Austria, India, Korsel, Kanada, Dll

- Kamis, 18 November 2021 | 05:17 WIB
Foto: Tangkapan layar YouTube.
Foto: Tangkapan layar YouTube.

AKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (dubes LBBP) untuk sejumlah negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Di antara mereka terdapat sejumlah dubes LBBP untuk negara-negara penting seperti Italia, Austria, India, Kanada, dan Korea Selatan. 

Pengangkatan para dubes LBBP RI ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 139/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara mengambil sumpah bagi para dubes yang dilantik.

“Saya bersumpah/ berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden Joko Widodo saat mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada para duta besar.

Dirilis Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, kedua belas nama dubes LBBP RI tersebut ialah:

 1. Muhammad Prakosa, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Italia, merangkap Republik Malta, Republik San Marino, Republik Siprus, Food and Agriculture Organization (FAO), International Fund and Agriculture Development (IFAD), World Food Programme (WFP), dan International Institute for the Unification of Private Law (UNIDROIT), berkedudukan di Roma.

 2. Ghafur Akbar Dharmaputra, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Ukraina, merangkap Republik Armenia dan Georgia, berkedudukan di Kyiv.

 3. Suwartini Wirta, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Kroasia, berkedudukan di Zagreb.

 4. Rudy Alfonso, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Portugal, berkedudukan di Lisabon.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

X