Memaknai Hingar Bingar Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:41 WIB
Memaknai Hingar Bingar Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Memaknai Hingar Bingar Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

SUARAKARYA.ID: Hingar bingar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Negara Jakarta, Rabu (17/8/2022) usai sudah.

Semua rangkaian acara peringatan yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat terlaksana dengan sukses.

Mulai dari prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka dari 34 provinsi, hiburan seni dan budaya, kirab budaya hingga Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata, Jakarta, semuanya berjalan lancar sesuai harapan.

Dilihat secara sepintas, pesta pora di tengah krisis global ini seolah terkesan kurang pas karena kontras dengan kondisi keprihatinan yang sedang melanda dunia saat ini.

Baca Juga: Ungkapan Syukur Pesta Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI 2022 Usai Sudah

Hal ini merujuk pada krisis kesehatan global akibat pandemi Covid-19 yang belum pulih. Di lain pihak, perekonomian dunia pun belum sepenuhnya mampu bangkit.

Apalagi, tiba-tiba meletus perang Rusia- Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi.

Presiden Jokowi bahkan mencatat sebanyak 107 negara terdampak krisis dan sebagian di antaranya diperkirakan akan jatuh bangkrut.

Diproyeksikan 553 juta jiwa pun terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan akut dan kelaparan.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X