• Minggu, 5 Februari 2023

Menpora Amali Angkat Topi Wushu Junior Tambah Terus Emas: Jalan Terbuka ke Youth Olympic Games 2026!

- Kamis, 8 Desember 2022 | 16:07 WIB
Menpora RI, Zainudin Amali memberikan apresiasi tinggi kepada Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) didampingi Sekjen Ngatino, Direktur Eksekutif WCWJ dan Ketua Bidang LN PB WI karena berhasil melakukan program pembinaan olahraga wushu Indonesia yang dari hari ke hari sudah semakin baik.  (AG Sofyan )
Menpora RI, Zainudin Amali memberikan apresiasi tinggi kepada Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) didampingi Sekjen Ngatino, Direktur Eksekutif WCWJ dan Ketua Bidang LN PB WI karena berhasil melakukan program pembinaan olahraga wushu Indonesia yang dari hari ke hari sudah semakin baik. (AG Sofyan )
SUARAKARYA.ID: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan apresiasi tinggi kepada Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) yang telah berhasil melakukan program pembinaan olahraga wushu Indonesia yang dari hari ke hari sudah semakin baik. 
 
Menpora Amali menilai kerja dan kinerja PB WI terlihat progress yang signifikan. 
 
 
Berkat kepemimpinan Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto, energi positifnya memberikan inspirasi bahwa olahraga asal Tiongkok jika serius dibina dan dikelola secara profesional tentu melahirkan atlet-atlet dengan prestasi kelas dunia.
 
Terlebih lagi, cabang olahraga  (cabor) wushu termasuk dalam daftar cabor Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).  

Indonesia sendiri melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) telah mengunggulkan 14 cabang olahraga pendulang prestasi.

Baca Juga: CdM Doddy Rahadi: Motivasi Kehadiran Presiden Jokowi Jadi Booster 3 Emas Disabet Kejuaraan Dunia Wushu Junior

Ke-14 cabang itu adalah badminton, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, wushu, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, senam artistik, dan pencak silat.

Menpora Amali menyebut atlet wushu junior Indonesia menjadi aset emas Merah Putih memasuki olimpiade. 
 
 
Setidaknya, ungkap Amali, dari bibit-bibit unggul atlet wushu usia remaja ini dalam perhelatan Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang berlangsung di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, sudah mampu membuktikan dengan prestasi mengoleksi 6 medali emas dan 1 perunggu pada hari kedua event dunia tersebut.
 
"Saya menilai sukses prestasi sudah kita raih dengan keberhasilan kontingen wushu junior Indonesia di hari kedua saja telah mengoleksi 5 emas dan 1 perunggu. Dan, saya berharap medali emas bisa bertambah lagi karena waktu penyelenggaraannya masih panjang. Saya sangat optimis," ujar Menpora Amali yang berkenan hadir langsung menyaksikan penampilan atlet-atlet wushu Indonesia di arena pertandingan Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (7/12/2022).
 
 
Event yang melibatkan 60 negara dan 2 region (Hongkong dan Macau) ini memperebutkan 71 medali emas (45 Taolu dan 17 Sanda) dan baru akan berakhir Sabtu, 10 Desember 2022. 
 
Menpora Amali kembali angkat topi atas apa yang telah dicapai Pasukan Garuda Muda tersebut
 
Amali menyatakan capaian medali emas di kejuaraan dunia wushu junior ini sebagai bukti bahwa program pembinaan olahraga wushu Indonesia yang dilakukan PB WI sudah semakin baik dan sangat progress.
 
 
"Tak ragu saya katakan luar biasa dan paten. Mudah-mudahan akan semakin baik pembinaannya ke depan. Karena ini kejuaraan junior dan tujuannya adalah jelas yakni Road to Youth Olympic Games 2026 Dakkar, Senegal. Di even olimpic ini, mereka dipersiapkan jauh lebih baik lagi. Insya Allah," tegas Menpora Amali.  
 
Untuk bisa bersaing, Menpora Amali berpesan Pengurus Wushu harus melakukan pembinaan secara profesional terhadap atlet-atlet sejak dini sebagai pembibitan untuk dipersiapkan dalam pertandingan-pertandingan dunia.
 
 
Sukses Prestasi dan Penyelenggaraan 
 
Selain sukses prestasi, kata Amali yang sebelumnya Anggota DPR RI beberapa periode ini bahwa Pengurus Besar Wushu Indonesia pimpinan Airlangga Hartarto juga telah meraih sukses penyelenggaraan dan sukses ekonomi. 
 
"Saya mendapatkan informasi baik dari Wakil Presiden IWUF dan Sekjen IWUF bahwa mereka sangat senang dengan penyelenggaraan yang dilakukaan Indonesia. Mereka sangat nyaman dan hepi," ungkap Amali.
 
 
"Saya juga dapat informasi dari Bupati Tangerang Pak Ahmed Zaki Iskandar kalau hotel di sini penuh. Jadi, ini luar biasa multiplier effect-nya. Selain itu, kata Pak Zaki, di Kejuaraan Dunia Wushu Junior ini juga bisa disaksikan langsung oleh para pelajar dari wilayah Banten, Jabotabek dan sekitarnya secara cuma-cuma" tambah politisi senior Golkar ini.
 
Direktur Media Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Ilham Permana (kiri) mengatakan berkat pembinaan PB WI meraih tiga sukses yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, dan ekonomi ini tidak terlepas dari peran dan dukungan media massa Indonesia dan dunia (AG Sofyan )
Sementara itu, Direktur Media Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Ilham Permana mengatakan, PB WI meraih tiga sukses yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, dan ekonomi ini tidak terlepas dari peran dan dukungan media massa Indonesia dan dunia.
 
 
"Atas nama panitia dan PB WI, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan teman-teman wartawan dari media cetak, elektronik maupun online," kata Ilham Permana yang juga Wakil Ketua Umum II PB WI. 
 
Untuk mensukseskan kejuaraan dunia yang diikuti 60 negara dan 2 region (Hongkong dan Macau) dan ada 800 peserta serta tamu ini, kata Ilham, pihak panitia melakukan berbagai strategi dengan memasang billboard dan videotron atau LED display di tempat strategis dan premium area, serta spanduk di berbagai tempat.
 
 
"Kami juga menyediakan doorprize menarik kepada penonton yang setia menyaksikan pertandingan kejuaraan dunia. Doorprize diantaranya yang keren adalah dua mobil listrik Wuiling, 1 unit motor listrik dan 1 unit lagi motor BBM, hadiah lainnya," ungkapnya. ***
 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Liputan langsung lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juara Thailand Masters, Leo/Daniel Raih Gelar Beruntun

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:25 WIB

In memoriam Benny Dollo: Selamat Jalan Sahabat ...

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:02 WIB

Arab Saudi Tuan Rumah Piala Asia 2027

Kamis, 2 Februari 2023 | 05:59 WIB

Chico, Kilau Mutiara Hitam dari Papua

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:41 WIB
X