• Minggu, 5 Februari 2023

Tekad Raih Target 6 Emas Tak Terbendung: Hari Pertama Kejuaraan Dunia Wushu Junior Dulang 3 Emas

- Rabu, 7 Desember 2022 | 06:17 WIB
Atlet Taolu Indonesia, Rainer Reinaldy Ferdiansyah saat sukses menyumbangkan medali emas pertama bagi Kontingen Wushu Junior Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang digelar di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten (AG Sofyan )
Atlet Taolu Indonesia, Rainer Reinaldy Ferdiansyah saat sukses menyumbangkan medali emas pertama bagi Kontingen Wushu Junior Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang digelar di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten (AG Sofyan )
SUARAKARYA.ID: Tekad untuk menyabet tiga emas oleh Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia nyata-nyata begitu cepat diraih di hari pertama pertandingan Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang digelar di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (6/12/2022). Menjadi awal untuk makin bersinar di hari-hari pertandingan berikutnya sehingga target enam bisa tercapai. 
 
Tiga medali emas diraih dari nomor Taolu disumbangkan Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy Ferdiansyah. Kedua medali emas ini memang sebelumnya telah diprediksikan oleh pelatih Taolu, Probo Muljono.
 
 
Raihan satu emas berikutnya disumbang atlet muda Kylie Suyoto Kwok untuk kategori Taolu.
 
Tampil di kelompok Junior A Putra, Josh yang membawakan permainan Nanquan atau Tangan Kosong dari Selatan ini sukses menyingkirkan 15 pesaingnya. 
 
Atlet Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara ini mengantongi nilai terbaik 9.28 poin. 
 
 
Untuk medali perak direbut atlet junior asal Jepang, Sota Miyamori dengan 9,25 poin dan perunggu jatuh ke tangan Ko Yeongwoo dengan 9,18 poin. 
 
"Saya senang dan bangga bisa menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Wushu Indonesia. Emas ini saya persembahkan buat masyarakat Indonesia dan juga kedua orang tua," kata Josh yang ditemui usai pengalungan medali.
 
Sebelum Josh, Rainer Reinaldy Ferdiansyah yang turun di kelompok Junior A putra telah mencatatkan sebagai peraih medali emas pertama dari Taiji Jien/Pedang.
 
 
Atlet Sasana Xiao Yao Surabaya Jawa Timur ini menjadi yang terbaik dengan memgantongi 9.40 poin. 
 
Untuk medali perak direbut Nguyen Quangminh dari Vietnam dengan 9,06 poin. 
 
"Ya, saya senang dan bangga bisa menjadi yang terbaik. Medali emas ini saya persembahkan untuk kedua orang tua dan Indonesia," ucap Rainer bangga. 
 
 
Para kampiun wushu junior masing-masing ki-ka: Kylie Suyoto Kwok, Rainer Reinaldy Ferdiansyah, dan Josh Tiesto Tanto mempersembahkan masing-masing satu emas kategori Toulu di hari pertama Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten. Hari pertama, Indonesia koleksi 3 emas (AG Sofyan )
Sedangkan Kylie Suyoto Kwok turun di kelas junior A putri dengan permainan Changquan yang diperagakan gadis berusia 16 tahun ini cukup rapi dan mampu membuat dewan juri terpana.
 
Akhirnya, dewan juri memberikan nilai tertinggi untuk Kylie dengan skor 9.303.
 
Atlet taolu binaan Sasana Rajawali Sakti Jakarta tersebut berhak mengibarkan bendera Merah Putih setelah poin perolehannya tak terkejar dari wakil Malaysia Kai Xin Wong yang menempati urutan kedua dengan 9.226 poin dan atlet Macau Weng Ian Wong yang berada di posisi ketiga dengan torehan 9.223 poin. 
 
 
Sementara Ivana Beatrice Liestio harus puas menduduki posisi ke empat setelah hanya mengoleksi 9.213 poin.
 
Kylie Suyoto Kwok mengaku bersyukur bisa mempersembahkan medali emas untuk Tim Wushu Indonesia. 
 
Apalagi, dia menyebut semua lawan yang tampil di ajang ini sangat bagus dan memiliki kualitas yang oke.
 
“Semua lawan bagus-bagus, terutama saya lihat dari Malaysia dan Macau. Tapi bersyukur saya bisa meraih juara,” ucap Kylie.
 
 
Hasil yang diraih ini sesuai yang diharapkan. Menurut dia, kerja keras selama dua bulan mengikuti program pemusatan latihan nasional (Pelatnas) bisa terbayar tuntas. 
 
“Selama persiapan dua bulan tidak sia-sia, akhirnya prestasi yang saya inginkan tercapai,” terang pengidola Lindswell Kwok ini.
 
Di level internasional, Kejuaraan Dunia Wushu saat ini merupakan event pertama yang diikutinya. Karena itu, Kylie mengaku sempat grogi sebelum tampil di atas panggung. 
 
 
Atlet wushu bertalenta Kylie Suyoto Kwok (16 th) melakukan aksi dengan loncatan Toulu yang memukau juri dan penonton berimplikasi positif dengan raihan emas di Kejuaraan Dunia Wushu Junior di ICE BSD Kabupaten Tangerang, Banten (AG Sofyan )
“Sebelum naik panggung tadi sempat nervous. Tapi saat sudah bertanding hilang nervousnya dan kembali biasa karena ingin memberikan yang terbaik untuk bangsa dan Negara Indonesia,” ungkap Kylie.
 
Setelah ajang ini berakhir, Kylie mengaku akan terus berlatih secara maksimal. Untuk event terdekat, dia belum tahu karena masih akan melihat kalender resmi. 
 
 
“Nanti lihat dulu kejuaraan apa aja yang bisa diikuti. Yang pasti saya akan terus giat berlatih supaya kembali bisa bergabung di pelatnas lagi,” tutur Kylie yang memulai wushu sejak usia 6 tahun ini. ***
 
 
 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Liputan langsung lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juara Thailand Masters, Leo/Daniel Raih Gelar Beruntun

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:25 WIB

In memoriam Benny Dollo: Selamat Jalan Sahabat ...

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:02 WIB

Arab Saudi Tuan Rumah Piala Asia 2027

Kamis, 2 Februari 2023 | 05:59 WIB

Chico, Kilau Mutiara Hitam dari Papua

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:41 WIB
X