Presiden Jokowi Tegaskan Unity and Diversity Antarbangsa Digelorakan dari Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

- Selasa, 6 Desember 2022 | 14:25 WIB
Presiden Joko Widodo menegaskan Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 di ICE BSD Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia, bukan saja menjadi ajang pertandingan olahraga wushu junior dunia. Tetapi juga bisa menjadi jembatan persahabatan untuk mempererat tali silaturahmi  persaudaraan antarbangsa (AG Sofyan )
Presiden Joko Widodo menegaskan Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 di ICE BSD Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia, bukan saja menjadi ajang pertandingan olahraga wushu junior dunia. Tetapi juga bisa menjadi jembatan persahabatan untuk mempererat tali silaturahmi persaudaraan antarbangsa (AG Sofyan )
SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo menegaskan Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang digelar di ICE BSD Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia bukan saja menjadi ajang pertandingan olahraga wushu junior dunia. Tetapi juga bisa menjadi jembatan persahabatan untuk mempererat tali silaturahmi  persaudaraan antarbangsa.  
 
Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya saat membuka secara resmi Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Kabupaten Tangerang, Banten, 5-10 Desember 2022.
 
 
"Saya menyambut gembira penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 pada hari ini, dan saya mengucapkan selamat datang kepada para delegasi yang telah tiba di Indonesia dan juga kepada seluruh delegasi wushu dari negara-negara sahabat. Dari 60 negara yang mewakili lima benua," ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya di ICE BSD Kabupaten Tangerang, Banten, Senin malam (5/12/2022).
 
Presiden Jokowi berkesempatan hadir membuka event wushu dunia yang digelar secara luring paska pandemi Covid-19 didampingi Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto, Menpora Zainudin Amali, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, seluruh jajaran PB WI antara lain Sekjen PB WI Ngatino, SH, MH, Direktur Eksekutif World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022 Gunawan Tjokro, Wakil Ketua Umum PB WI Ilham Permana yang juga Direktur Media WJWC 2022, Wakil Ketua Umum PB WI, Setyo Wasisto dan Ketua Bidang Luar Negeri PB WI, Karan Sukarno Walia, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari, dan Ketua Umum KONI Marciano Norman.
 
 
Dari IWUF (induk organisasi wushu dunia) hadir Wakil Presiden IWUF Anthony Goh, Sekjen IWUF Zhang Qiuping, dan Technical Delegate Jin Xiaobing.
 
Dari pejabat teras dihadiri Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, mantan Wagub Banten Andika Hazrumy, Anggota FPG  DPR RI Gde Sumarjaya Linggih, Anggota FPG DPR RI  Nurul Arifin dan Anggota DPR RI Dapil Banten Adde Rosi Khoerunnisa, serta Anggota FPG DPR RI Dyah Roro Esti.
 
 
Presiden Joko Widodo  menegaskan ajang kejuaraan ini bukan semata-mata pertandingan. Tapi yang tidak kalah esensinya adalah kejuaraan ini juga menjadi jembatan persahabatan untuk mempererat tali silaturahmi  persaudaraan antarbangsa.
 
"Sebagaimana semangat Bhinneka Tunggal Ika yang kita miliki sama dengan semangat unity and diversity atau kesatuan dan keragaman dari ajang kejuaraan ini bukan pertandingan semata. Kejuaraan ini adalah jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa," tandas Jokowi.
 
 
Jokowi meminta para delegasi yang datang ke Indonesia tidak hanya menghabiskan waktunya untuk menghadiri Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. 
 
Presiden RI dua periode ini juga  berharap para atlet junior bisa memanfaatkan waktu mereka untuk lebih mengenal Indonesia.
 
"Semua peserta datang ke Indonesia adalah untuk bertanding. Tetapi, saya sangat mengharapkan kehadiran Bapak, Ibu dan seluruh atlet di Indonesia sekalian dimanfaatkan untuk lebih dekat mengenal Indonesia," ucapnya disambut tepuk tangan ratusan para tamu undangan dari delegasi wushu dunia.
 
 
Atlet Senior Inspirasi Junior
 
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyebut dua atlet wushu nasional Lindswel Kwok yang merupakan juara Asian Games Jakarta 2018 dan juara dunia serta Edgar Xavier Marvelo yang meraih juara di berbagai multi event dan juga juara dunia, diharapkan menjadi inspirasi bagi para adik-adik wushu junior dan magnet bagi pencapaian prestasi tertinggi di ajang dunia, termasuk olimpiade yang menjadi asa bersama.
 
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto dihadapan Presiden Jokowi memompa semangat dan mewujudkan asa bersama agar para kampiun di Kejuaraan Dunia Wushu Junior di Indonesia ini bisa menjadi atlet berprestasi saat wushu diikutsertakan dalam Olimpiade 2032 (AG Sofyan )
Airlangga yang juga Menko Perekonomian ini juga menyebut Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 kali ini digelar paska pandemi secara luring merupakan yang terbesar dengan melibatkan 807 atlet dari 60 negara dan 2 daerah regional (Hongkong dan Macau).
 
 
Airlangga Hartarto dan ekosistem wushu nasional bahkan dunia tentunya sangat  berharap cabang olahraga wushu bisa dipertandingkan secara resmi pada Olimpiade 2032.
 
Dari hasil Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 kali ini, kata salah satu ketum cabor yang sukses dalam kepemimpinannya,  berharap akan lahir atlet junior terbaik Indonesia.  Mengingat cabang olahraga wushu sudah resmi dipertandingkan pada Youth Olympic Games 2026 Dakkar, Senegal. 
 
 
"Atlet junior Indonesia yang tampil di kejuaraan dunia ini akan dipersiapkan untuk tampil di Youth Olympic Games 2026 nanti. Dan, mereka diharapkan bisa menggantikan posisi atlet-atlet senior untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi olahraga wushu Indonesia di masa mendatang," pungkas Airlangga Hartarto yang juga Ketum Partai Golkar dan juga berpotensi menjadi pemimpin nasional pengganti Presiden Jokowi ini. ***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Liputan langsung lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chico, Kilau Mutiara Hitam dari Papua

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:41 WIB

JK Ingin Klub-klub Liga 2 Sepaham dan Kompak

Jumat, 27 Januari 2023 | 03:39 WIB
X