• Minggu, 5 Februari 2023

Menpora Amali Pastikan Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior: Keseriusan Indonesia ke Olimpiade

- Senin, 5 Desember 2022 | 08:16 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) bersama Menpora Zainudin Amali dan jajaran PB WI meninjau atena Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang berlangsung di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten 5-10 Desember 2022 (AG Sofyan )
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) bersama Menpora Zainudin Amali dan jajaran PB WI meninjau atena Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang berlangsung di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten 5-10 Desember 2022 (AG Sofyan )
 
SUARAKARYA.ID: Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora), Zainudin Amali memastikan Presiden Joko Widodo akan membuka Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang siap digelar di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Banten, 5-10 Desember 2022. Event kalender resmi Federasi Wushu Internasional (IWUF) yang digelar paska Kejuaraan Dunia Wushu di Brazil tahun 2018 ini melibatkan 807 peserta dari 60 negara dan 2 region (Hong Kong dan Macau)
 
 
Menpora Amali atas nama Pemerintah RI juga menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia  (PB WI) Airlangga Hartarto dan seluruh jajarannya untuk terselenggaranya Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 di Indonesia.
 
“Saya ingin menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih atas nama pemerintah, kepada Pak Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dan seluruh jajarannya atas terselenggaranya Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 yang akan dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo, insya Allah Senin malam," kata Menpora Amali kepada wartawan dalam  konferensi pers Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (4/12/2022).
 
 
Pada acara konferensi pers ini dihadiri Menpora  Prof. Dr. Zainudin Amali, M.Si, Sekjen IWUF Zhang Qiuping, Ketua Umum PB Wushu Indonesia Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU, Technical Delegate Jin Xiaobing, Sekjen PB WI Ngatino, SH, MH, Direktur Eksekutif World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022 Gunawan Tjokro, Wakil Ketua Umum PB WI Ilham Permana yang juga Direktur Media  WJWC 2022, Wakil Ketua Umum PB WI, Setyo Wasisto dan Ketua Bidang Luar Negeri PB WI, Karan Sukarno Walia serta Sesmenpora Gunawan Suswantoro.
 
Apa yang diungkapkan Menpora Amali cukup beralasan. Pasalnya, Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII ini mencatat peserta terbanyak dari penyelenggaraan sebelumnya, yakni puluhan negara dan ratusan peserta.
 
 
Terlebih lagi, event ini menjadi tolok ukur untuk menyambut Youth Olympic Games 2026 di Dakkar, Senegal.
 
"Sekali lagi, saya sangat berterima kasih atas terselenggaranya kejuaraan dunia yang menjadi ajang persiapan menuju Youth Olympic Games 2026 di Dakkar. Wushu itu juga termasuk salah satu dari 14 cabang olahraga Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sasaran utamanya prestasi dunia," tegas Menteri Kabinet Jokowi yang juga Politisi Golkar ini.
 
 
IWUF Apresiasi Indonesia 
 
Sementara itu, Sekretaris Jenderal IWUF, Zhang Qiuping juga mengakui Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 ini mencatat paling banyak melibatkan negara peserta. 
 
Zhang Quiping yang berbicara atas nama Presiden IWUF juga menyampaikan apresiasi luar biasa kepada tuan rumah Kabupaten Tangerang, panitia lokal, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Federasi Wushu Indonesia (PB WI) yang sangat serius menggelar event dunia ini dengan sambutan positif dan antusiasme masyarakat.
 
 
"Kami sangat bersemangat dengan adanya Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang ke-8 di Indonesia. Ini merupakan kompetisi akbar pertama sejak pandemi global berlangsung. Dan saya dapat merasakan kesenangan dan kebahagiaan dari para atlet muda ini karena dapat berpartisipasi secara langsung dan bukan secara virtual lagi," katanya. 
 
Dia merasa yakin event wushu ini juga akan menggemakan kecintaan Indonesia terhadap olahraga, khususnya budaya wushu yang begitu aktif dan penuh semangat. 
 
 
"Wushu dapat memberikan keseimbangan tubuh dan pikiran yang ideal. Keluarga besar wushu global mengusung semangat persahabatan, solidaritas, dan kedamaian. Komunitas kami saat ini mencakup berbagai ⁰generasi dan menarik lebih banyak anak muda di seluruh dunia," bebernya. 
 
Zhang Quiping mengakui PB WI merupakan salah satu dari 158 anggota IWF yang paling aktif dan antusias, selalu membawa tim yang besar dan sukses di berbagai kejuaraan internasional.
 
 
"Barangkali, pencapaian IWUF yang paling membahagiakan adalah berhasil membawa wushu untuk dipertandingkan secara resmi pada Youth Olympic Games 2026 Dakar. Dan, itu hanya 4 tahun lagi. Ini membuat kita lebih dekat dengan Olimpiade. Pastinya, kita memiliki banyak calon juara muda kelak di olimpiade, yang saat ini berkumpul pada kejuaraan wushu junior ini," tandasnya. ***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Liputan langsung lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juara Thailand Masters, Leo/Daniel Raih Gelar Beruntun

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:25 WIB

In memoriam Benny Dollo: Selamat Jalan Sahabat ...

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:02 WIB

Arab Saudi Tuan Rumah Piala Asia 2027

Kamis, 2 Februari 2023 | 05:59 WIB

Chico, Kilau Mutiara Hitam dari Papua

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:41 WIB
X