Bendera LGBT Akhirnya Diizinkan Masuk Stadion Piala Dunia 2022

- Sabtu, 26 November 2022 | 13:51 WIB
Bendera LGBT  Akhirnya  Diizinkan Masuk Stadion Piala Dunia 2022 (Istimewa)
Bendera LGBT Akhirnya Diizinkan Masuk Stadion Piala Dunia 2022 (Istimewa)


SUARAKARYA.ID: Menanggapi FAW, FIFA mengizinkan  penggemar dengan topi Rainbow Wall dan bendera pelangi  lambang LGBT  masuk ke stadion untuk pertandingan Wales melawan Iran pada Jumat.

Menanggapi protes FAW di media sosial  FIFA  melemah dari sebelumnya menolak bendera organisasi untuk masuk stadion.

FIFA  lalu izinkan bendera LGBT masuk ke stadion untuk pertandingan Wales melawan Iran pada Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: WHO Tetapkan Covid 19 di wilayah Jawa dan Bali ke Level 2

FIFA berubah pikiran soal aturan simbol pelangi LGBT di Piala Dunia 2022. Jika sebelumnya melarang, kini induk federasi sepakbola dunia itu disebut menginzinkannya.

Seperti dilaporkan BBC, hal itu diungkap Federasi Sepakbola Wales (FAW), yang mengatakan FIFA telah mengizinkan bendera LGBT dibawa masuk ke stadion Piala Dunia 2022.

"Semua tempat Piala Dunia telah dihubungi dan diinstruksikan untuk mengikuti aturan dan regulasi yang disepakati," tutup siaran Pers FAW.

Baca Juga: Lirik Mars Kopri - Nusantara

Sebelumnya, FAW protes keras karena beberapa staf dan penggemarnya dilarang masuk Stadion Ahmad bin Ali, jelang laga melawan Amerika Serikat.

Topi dan bendera pelangi, yang menjadi simbol dukungan LGBT, dilarang dibawa masuk oleh petugas stadion Piala Dunia 2022.

Qatar, selaku tuan rumah Piala Dunia 2022, memang melarang adanya simbol-simbol LGBT selama gelaran turnamen. FIFA kemudian secara mendadak menjadikannya aturan resmi tepat sebelum pembukaan acara.

Baca Juga: Warga Panik, Gempa Susulan Kembali Guncang Cianjur

Sikap FIFA kemudian ditanggapi beberapa peserta dengan rencana protes. Beberapa tim Eropa berencana mengenakan ban kapten One Love, yang kemudian dilarang FIFA dengan ancaman kartu kuning bagi pemain.

Ancaman FIFA itu bikin tim ciut, dan hanya Jerman yang membuat aksi protes lanjutan dengan berpose tutup mulut sebelum laga melawan Jepang. Sampai akhirnya, Federasi Sepakbola Wales mengumumkan FIFA mengizinkan simbol pelangi LGBT dibawa masuk ke stadion Piala Dunia 2022. ***

Sumber: Istimewa

Baca Juga: Iran Hajar Wales 2 - 0 di Injury Time

 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chico, Kilau Mutiara Hitam dari Papua

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:41 WIB

JK Ingin Klub-klub Liga 2 Sepaham dan Kompak

Jumat, 27 Januari 2023 | 03:39 WIB
X