• Senin, 28 November 2022

Pokja Pertanian G20, RI Berupaya Jembatani Kesenjangan Kinerja Pertanian Global

- Rabu, 28 September 2022 | 12:43 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo (Ist)
Mentan Syahrul Yasin Limpo (Ist)

SUARAKARYA.ID: Semangat 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat [Recover Together, Recover Stronger] diusung Indonesia untuk The G20 Presidency 2022, untuk mendorong negara anggota G20 bekerja sama mencapai pemulihan dunia yang lebih kuat dan berkelanjutan. Kelompok Kerja [Pokja] Pertanian berupaya untuk menjembatani kesenjangan yang mempengaruhi kinerja pertanian yang kurang baik di banyak negara [global].

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian - Kementerian Pertanian RI (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi saat Introduksi kegiatan Global Forum (di Hotel Intercontinental Jimbaran Bali, (27/9/2022)

Global Forum merupakan bagian kegiatan Agriculture Ministers Meeting [AMM] G20 Indonesia yang akan dibuka oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo Rabu [28/9/2022].

Baca Juga: Pertama Terjadi  di Indonesia Terduga Koruptor Melawan Tak Hadiri Panggilan KPK

Baca Juga: Harga Emas Kembali Turun

"Hari ini, dunia berada pada titik balik. Baru keluar dari krisis Covid-19, kami optimis dalam mengidentifikasi langkah-langkah pemulihan dan memperkuat sistem pertanian pangan kami di tengah perubahan iklim," kata Dedi Nursyamsi dalam kata pengantar pembukaan AMM Global Forum, yang dihadiri lebih 100 peserta.

Menurutnya, Pokja Pertanian pada Global Forum tersebut akan membahas cara untuk pulih dari pandemi dan membangun sistem pangan pertanian yang lebih tangguh, melalui kegiatan Global Forum secara hybrid.

"Sistem pertanian dan pangan saat ini menghadapi serangkaian tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk ketidakstabilan harga komoditas pangan dan pupuk, kerawanan pangan, kondisi pasar yang tidak dapat diprediksi, serta ketegangan geopolitik dan krisis yang berkepanjangan," kata Dedi Nursyamsi.

Guna mengatasi tantangan tersebut, katanya, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengajak semua negara untuk membangun semangat untuk bekerja sama. Sesuai dengan tema besar G20 Presidensi Indonesia, yaitu “Recovery Together, Recovery Stronger”.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Belgia vs Maroko Jadi Partai Panas Malam ini

Minggu, 27 November 2022 | 20:31 WIB

Iran Hajar Wales 2 - 0 di Injury Time

Jumat, 25 November 2022 | 20:16 WIB

Ronaldo Dituding Diving, Harusnya Portugal Tak Menang

Jumat, 25 November 2022 | 10:16 WIB
X