• Sabtu, 1 Oktober 2022

Diikuti Menparekraf, Kirab Obor Api Awali Event APG XI Solo

- Minggu, 24 Juli 2022 | 14:48 WIB
Ketua INASPOC bersama Menparekraf menyalakan api APG ke kaldron di Balai Kota Solo (Endang Kusumastuti)
Ketua INASPOC bersama Menparekraf menyalakan api APG ke kaldron di Balai Kota Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Kirab obor api (torch relay) ASEAN Para Games (APG) XI mengawali pembukaan event kompetisi olahraga atlet disabilitas, Minggu (24/7/2022). Dimulai pukul 06.00 WIB, obor api APG dikirab menyusuri Jalan Slamet Riyadi Solo mulai dari flyover Purwosari hingga Balai Kota Solo, di tengah kegiatan Car Free Day (CFD).

Selain diikuti mantan atlet, kirab obor api APG juga diikuti Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno,  Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka serta sejumlah selebriti Indonesia.

Di Stadion Sriwedari Solo, rombongan pembawa obor api APG juga melakukan victory lap. Obor api APG dari Menparekraf kemudian diserahkan kepada Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun.

Baca Juga: Urgensi Subsidi BBM Solar Terhadap Nelayan Indonesia

Obor api kemudian dibawa kembali oleh atlet disabilitas dan secara bergantian dengan pejabat dan artis hingga kawasan Gladak. Di sana obor api APG diserahkan kembali kepada Ketua INASPOC yang juga Wali Kota Solo untuk dibawa ke Balai Kota Solo.

"Tadi saya berlari janjinya dari Mas Wali sejauh 2 kilometer, ternyata ini cuma 1,75 kilometer. Jadi kata Mas Wali harus ditambah lagi sampai ke Balai Kota Solo meneruskan bersama para atlet," ujar Sandiaga Uno saat berada di Stadion Sriwedari.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan event APG yang akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus tersebut menjadi pemicu kebangkitan ekonomi pascapandemi.

Baca Juga: Lirik Lagu Bagimu Negeri Ciptaan Kusbini

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karate DKI Targetkan Juara Umum di Kejurnas Padang

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:05 WIB

Selamat Jalan Ary Moelyadi...

Jumat, 30 September 2022 | 17:03 WIB

Korfball DKI Siap Tampil Maksimal di Kejurnas 2022

Kamis, 29 September 2022 | 13:26 WIB
X