• Senin, 26 September 2022

Atlet Atletik APG Keluhkan Tak Ada Lintasan Pemanasan, Ini Tanggapan Menpora

- Senin, 18 Juli 2022 | 20:01 WIB
Menpora bersama Ketua INASPOC saat meninjau venue atletik APG di Stadion Manahan Solo (Endang Kusumastuti)
Menpora bersama Ketua INASPOC saat meninjau venue atletik APG di Stadion Manahan Solo (Endang Kusumastuti)
 
SUARAKARYA.ID: Atlet para atletik yang akan bertanding di event ASEAN Para Games (APG) XI Solo mengeluhkan tidak adanya fasilitas lintasan untuk warming up atau pemanasan. 
 
Hal ini diungkapkan mereka saat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka meninjau venue para atletik di Stadion Manahan Solo, Senin (18/7/2022).
 
"Kalau di Stadion Manahan ini tidak ada lintasan untuk warming up, kalau biasanya kami ikut di event atletik pasti ada lintasan sendiri untuk pemanasan," kata atlet para lompat jauh, Setyo Budi Hartanto, saat bertemu Menpora dan Ketua INASPOC.
 
Menurut Setyo, jika tidak ada lintasan untuk pemanasan, atlet melakukan di jalan beraspal. Hal ini rawan bagi atlet untuk  cidera. Lintasan untuk pemanasan tersebut menurut Setyo sifatnya tidak permanen, karena bisa digulung.
 
"Mumpung saat ini waktunya juga masih ada, bisa diusahakan untuk lintasan pemanasan. Untuk mendapatkannya juga gampang tidak perlu harus impor,"' katanya lagi.
 
Atlet yang dtargetkan 1 medali emas dalam APG XI tersebut mengatakan selama ini dirinya bersama sejumlah atlet lainnya latihan di GOR Kentingan UNS.
 
"Tapi di sana aspalnya sudah rusak.  Sementara kalau latihan di sini (Manahan)
besok juga harus menyesuaikan  saat loading peralatan untuk acara pembukaan, tapi nanti bisa dialihkan di Stadion Sriwedari," jelasnya.
 
Menanggapi keluhan dari atlet atletik tersebut, Menpora mengatakan pihaknya akan menyediakannnya.
 
"Akan kita penuhi tidak masalah itu kan cepat," tegasnya.
 
Sementara itu terkait kesiapan penyelenggaraan APG XI, Menpora mengatakan semuanya sudah siap. Venue sudah selesai direnovasi dan Kota Solo iap menerima kedatangan para atlet dan kontingen peserta APG XI. 
 
"Saat ini tidak ada lagi yang perlu didorong untuk percepatan semua sudah selesai renovasi.  Saya berterima kasih kepada Menteri PUPR, BUMN dan Pemkot Solo yang telah ikut menyelesaikan infrastruktur yang diperlukan," papar Menpora.
 
Pada kesempatan itu,  Menpora dan rombongan meninjau 5 venue yang akan digunakan untuk pertandingan APG. Yakni venue atletik di Stadion Manahan, para tenis lapangan di Tenis Court Manahan, boccia di GOR FKOR UNS, goalball di GOR Kentingan UNS, serta  sepakbola di Stadion UNS. ***
 
 
 
 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mutiara Ayu Rebut Gelar Tunggal Putri

Minggu, 25 September 2022 | 21:06 WIB

Gelar Tunggal Putra Milik Ikhsan

Minggu, 25 September 2022 | 20:56 WIB
X