• Minggu, 26 Juni 2022

SEA Games Vietnam 2022, Sepakbola - Alhamdulillah, Anak-Anak Mampu Bangkit..

- Rabu, 11 Mei 2022 | 08:37 WIB
M Nigara (Ist)
M Nigara (Ist)

Oleh M Nigara

SUARAKARYA.ID: Alhamdulillah, Anak-anak kita mampu bangkit. Kalimat syukur ini perlu kita utamakan saat melihat Facrudin Aryanto dan kawan-kawan mampu memetik kemenangan 4-1 atas Timor Leste di laga kedua kita, grup A, Seag ke-31, Vietnam, Selasa (10/5/2022) malam.

Namun sebelumnya, Myanmar yang jauh dari ingar-bingar serta perhatian kita, menekuk pemuncak klasemen sementara, Filiphina dengan skor 3-2. Di partai pertamanya, Myanmar juga menang 3-2 atas Timor Leste. Dari dua kemenangannya, Myanmar mengambil alih klasemen sementara grup A dengan 6 poin.

Bangkit

Tampil dengan susunan pemain yang berbeda pada laga pembuka, anak-anak asuh Shin Tae-yong (STY) langsung melakukan peneterasi lawan. Di menit ke-16, Egy Maulana mampu menjebol gawang Timor Leste. Sayang, hingga 45 menit pertama usai, gol tambahan tidak terjadi.

Di babak kedua, Witan Sulaeman akhirnya mampu melesakkan bola ke gawang lawan masing-masing di menit 52 dan 76. Sementara sang kapten, Facrudin Aryanto menyumbangkan satu gol pada menit 58.
Sayangnya, gawang kita juga harus bergetar melalui Mouzinho pada menit ke-69. Catatan, ini adalah gol kedua Timor Leste ke gawang Indonesia dalam 5 kali laga yang seluruhnya dimenangkan oleh Indonesia.

Sebagai catatan, maaf nih, bukan saya tidak bersyukur, tapi setidaknya saya masih melihat anak-anak kita terlalu mudah kehilangan bola. Malah, pola yang coba mereka terapkan, juga agak mudah terbaca.

Nah, dari dua laga sisa vs Filiphina, Jumat (13/5) dan Ahad (15/5) vs Myanmar, sungguh-sungguh menjadi penentu langkah Garuda Muda di Seag. Jika ingin lolos dari grup ke semifinal, pilihannya hanya satu, menang dua kali.

Untuk meraih 6 poin dari dua laga sisa, STY tak punya pilihan selain wajib menerapkan pola menyerang dan menekan sedemikian rupa. Dan, jangan laga anak-anak kita terlalu cepat kehilangan bola. Pendeknya, kesungguhan para pemain dituntut untuk ditingkatkan.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Terkini

X