Sodetan Kali Ciliwung ke KBT Diprediksi Kelar April, Jokowi Pastikan Banjir Jakarta Berkurang

- Rabu, 25 Januari 2023 | 18:23 WIB
Sodetan Kali Ciliwung ke KBT Diprediksi Kelar April, Jokowi Pastikan Banjir Jakarta Berkurang. (BPMI Setpres)
Sodetan Kali Ciliwung ke KBT Diprediksi Kelar April, Jokowi Pastikan Banjir Jakarta Berkurang. (BPMI Setpres)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Peninjauan Proyek Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) di Kota Administrasi Jakarta Timur, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Menurut Presiden, penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir. Setelah di hulu pemerintah membangun Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, di hilir pemerintah tengah menyelesaikan sodetan Kali Ciliwung ke KBT.

"Iya, ini kita kembali ke Ciliwung, jadi kembali ke banjir Jakarta. Kita tahu penanganan banjir Jakarta ini harus dari hulu sampai ke hilir," ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Indonesia Masters 2023: Vito Amankan Tiket Babak 16 Besar

"Di hulunya sudah kemarin selesai dibangun Bendungan Ciawi, kemudian Bendungan Sukamahi, sudah di atas," ujarnya, seperti disiarkan dalam video di Youtube Sekretariat Presiden.

Turut mendampingi Presiden saat peninjauan proyek sodetan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar.

Kepala Negara mengatakan, selama 1,5 bulan terakhir lahan di kawasan Jakarta Timur yang selama ini sulit dibebaskan untuk terowongan codetan Kali Ciliwung ke KBT telah dibebaskan.

Baca Juga: Kapolri Instruksikan Jajarannya Bantu Program Pemerintah Turunkan Angka Stunting

Oleh sebab itu, pelaksanaan pengeboran untuk sodetan Kali Ciliwung sudah bisa dimulai lagi dan diharapkan rampung bulan April setelah sempat tertunda pengerjaannya selama 6 tahun

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Info Cuaca dari BMKG, Jabodetabek Cerah Hari ini

Kamis, 26 Januari 2023 | 09:40 WIB

Hujun Ringan Guyur Jabodetabek Sore ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:29 WIB

Pondok Cina di Kota Depok, Riwayatmu Kini

Senin, 23 Januari 2023 | 10:08 WIB
X