• Minggu, 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Optimalkan Zakat Untuk Kebutuhan Produktif Entaskan Kemiskinan

- Selasa, 24 Januari 2023 | 10:08 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

 

SUARAKARYA.ID: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo, mengapresiasi Baznas yang berhasil menghimpun zakat dari Aparatur Sipil Negara di lingkungan Perintah Provinsi Jawa Tengah hingga mencapai Rp 82,6 miliar di tahun 2022. Jumlah itu naik dari tahun sebelumnya Rp 57,2 miliar. Jumlah tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan lebih besar untuk bidang produktif dalam rangka penanggulangan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah.

“Kami berdiskusi dengan Baznas Jateng (Jawa Tengah) agar pentasarufan-nya (pemanfaatan) sekarang bisa kami arahkan pada hal yang sifatnya produktif,” ujar Gubernur pada acara Rapat Koordinasi Daerah Pimpinan BAZNAS Kabupaten/Kota di Kabupaten Semarang.

Keberhasilan pengelolaan zakat ASN, lewat payroll system (gaji) yang berhasil dilakukan di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, menurut Gubernur juga perlu diterapkan di kabupatennya/kota. Bahkan sistem ini bukan hanya bisa dipakai di pemerintahan tetapi juga di sektor swasta.

Baca Juga: Manggis dan Rambutan NTB Sasar Uni Emirat Arab

“Di kabupaten kota coba kita dorong. Karanganyar itu malah sudah dipraktekan di perusahaan dan hotel. Ini coba kita geser (arahkan) ke sana sehingga nanti karyawan perusahaan juga bisa difasilitasi membayar zakat oleh Baznas, kita siap untuk membantu sistemnya,” ujarnya.

Pengelolaan zakat oleh Baznas ini, kemudian di-overlay (gabungkan) dengan program-program penanggulangan kemiskinan. “Ide-ide pentasharufan yang lebih produktif tadi lah kemudian kami coba dorong untuk kami overlay (sertakan) ke penanggulangan kemiskinan, di situ Baznas memiliki peran yang sangat bagus,” ujarnya.

Terkait duplikasi sistem penghimpunan zakat di daerah, Gubernur mendorong kabupaten kota yang ada di Semarang Raya bisa menjadi pilot project penerapan Payroll System ini. Di sisi lain, daerah yang sudah menjalankan sistem ini bisa jadi contoh dan tempat berbagi ilmu.

Baca Juga: Potensi Melimpah hingga Triliunan, HBK Dorong Food Estate Sektor Kelautan dan Perikanan di NTB

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB

Komisi D Dukung Percepatan Musor KONI Kota Bandung

Rabu, 1 Februari 2023 | 05:13 WIB

Bang Zul Yakin Soal Trawangan dan Mandalika Tuntas

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:23 WIB
X