• Minggu, 5 Februari 2023

Pracima Tuin Mangkunegaran, Destinasi Baru Kota Solo Diresmikan

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:12 WIB
KGPAA Mangkunegara X, Menteri BUMN bersama Wali Kota Solo saat meresmikan Pracima Tuin Mangkunegaran Solo (Endang Kusumastuti)
KGPAA Mangkunegara X, Menteri BUMN bersama Wali Kota Solo saat meresmikan Pracima Tuin Mangkunegaran Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Salah satu destinasi baru di Kota Solo, Jawa Tengah mulai dibuka untuk umum. Pracima Tuin atau Taman Pracima yang berada di dalam kompleks Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (21/1/2023) mulai dibuka untuk umum.

Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir bersama dengan Raja Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, meresmikan bangunan yang baru selesai direvitalisasi itu.

Hadir juga dalam pembukaan Pracima Tuin, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti,  putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep bersama istrinya Erina Gudono, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima serta sejumlah tamu VIP lainnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Jangan Salah Menilaiku Tri Suaka ... Mengapa masih saja kau ragukan diriku? Viral TikTok

Sebelum dikembalikan sebagai taman, lokasi tersebut telah diubah menjadi lapangan tenis. Saat ini, dengan pengerjaan dari pemerintah pusat, dikembalikan lagi sebagai taman. 

Dengan tetap mempertanhankan desain yang seperti pada era Mangkunegara VII sekitar tahun 1920-an, dengan arsitektur bangunan akulturasi Eropa dan Jawa.

"Insyaallah di bawah Adipati Mangkunegara X, Mangkunegaran bisa menjadi bagian membangun sejarah budya yang selama ini kadang terlupakan sejalan dengan perubahan zaman yang terjadi," jelas Erick Thohir dalam sambutannya saat meresmikan Pracima Tuin.

Baca Juga: Lirik Lagu Mulai Langkahmu - Yura Yunita...Mimpi-mimpi kita, mimpi kita yang muda Angan-angan kita ada di kepa

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB

Komisi D Dukung Percepatan Musor KONI Kota Bandung

Rabu, 1 Februari 2023 | 05:13 WIB

Bang Zul Yakin Soal Trawangan dan Mandalika Tuntas

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:23 WIB
X