Wapres dan Baznas Serahkan Bantuan Rekonstruksi untuk Pesantren Terdampak Gempa Cianjur

- Rabu, 4 Januari 2023 | 21:45 WIB
Wapres KH Ma'ruf Amin ( kedua dari kiri) didampingi Ketua Baznas RI KH Achmad Noor  menyerahkan bantuan untuk  renovasi pesantren terdampak gempa di Cianjur, Rabu (4/1/2023).
Wapres KH Ma'ruf Amin ( kedua dari kiri) didampingi Ketua Baznas RI KH Achmad Noor menyerahkan bantuan untuk renovasi pesantren terdampak gempa di Cianjur, Rabu (4/1/2023).


SUARAKARYA.ID: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Wakil Presiden RI Prof Dr KH Ma'ruf Amin menyerahkan bantuan rekonstruksi bagi 69 Pondok Pesantren (Ponpes) yang terdampak gempa Cianjur.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin yang  kunjungan kerja ke Cianjur, bersama Ketua Baznas Prof Dr KH Noor Achmad, MA, di Ponpes Al-Bahjah Cianjur, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023).

Bantuan yang diberikan Baznas bagi Pondok Pesantren terdampak gempa Cianjur mendapat apresiasi tinggi dari Wapres RI.

Baca Juga: Mudahkan Masyarakat Tunaikan ZIS, Baznas RI Kolaborasi dengan Aplikasi Kesan

"Alhamdulillah, kita berharap bantuan yang diberikan dapat mempercepat pemulihan pesantren-pesantren yang terkena dampak gempa Cianjur, sehingga para santri dapat kembali belajar dengan nyaman," ujar Wapres Ma'ruf.

Dalam kesempatan tersebut,  Ma'ruf memastikan bahwa pemerintah memiliki komitmen kuat untuk menuntaskan dan menangani masalah masyarakat yang terdampak gempa Cianjur, termasuk dalam pemulihan fasilitas pendidikan.

Sementara itu, Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad, MA mengatakan, pihaknya menyerahkan bantuan rekonstruksi sebesar Rp3,5 M untuk pemulihan 69 pesantren terdampak gempa Cianjur.

Baca Juga: Pertahankan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Baznas Terus Sempurnakan Sistem Kelola Dana ZIS.

Menurut Noor, Noor Baznas masih terus siap siaga untuk melayani masyarakat terdampak dan mengumpulkan bantuan untuk para korban bencana, baik melalui Baznas Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota.

"Program pemulihan pasca gempa ini menjadi salah satu upaya Baznas dalam membantu korban bencana gempa Cianjur. Mudah-mudahan bantuan yang kami berikan dapat membantu percepatan renovasi pesantren-pesantren yang terdampak agar segera pulih kembali," tuturnya.

Noor juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mempercayakan donasinya melalui Baznas.

Baca Juga: 2023 Targetkan Pengumpulan Rp23 Triliun, Baznas Ubah Mainset Dalam Pengentasan Kemiskinan

"Kami tentu memerlukan sinergi dari berbagai pihak, untuk menyalurkan sebagian hartanya demi membantu proses pemulihan saudara-saudara kita yang terdampak gempa di Cianjur," ucapnya.

Sejak 21 November 2022, Baznas telah mendirikan pos layanan perlindungan pengungsi yang tersebar di 9 kecamatan Cianjur dengan menerjunkan 157 personel yang terdiri atas Baznas Pusat hingga Baznas Daerah termasuk tim tenaga medis.

Baznas menyediakan berbagai program bantuan di antaranya layanan evakuasi, layanan ambulan, dapur air, dapur umum, makanan siap saji, layanan kesehatan, layanan dukungan psikososial, masjid darurat, tenda darurat hingga pemenuhan kebutuhan keluarga.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Serahkan Bantuan Baznas Microfinance Masjid di Tangerang Selatan

Adapun total penerima manfaat dari berbagai layanan tersebut sebanyak 36.926 jiwa dan angka ini masih terus bertambah. ***

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X