Jalani Sungkeman Jelang Pernikahan, Kaesang Pangarep dan Ibu Iriana Menangis Terharu

- Jumat, 9 Desember 2022 | 15:21 WIB
Presiden Jokowi bersama Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep serta Bobby Nasution memberikan keterangan kepada wartawan usai sungkeman (Endang Kusumastuti)
Presiden Jokowi bersama Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep serta Bobby Nasution memberikan keterangan kepada wartawan usai sungkeman (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID:  Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menjalani prosesi sungkeman menjelang pernikahannya dengan Erina Sofia Gudono, Sabtu (10/12/2022)  besok. Acara sungkeman dilangsungkan di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Sungkeman dilakukan sebelum prosesi adat siraman. Saat prosesi sungkeman tersebut, Kaesang menangis terharu. Begitu juga dengan orangtuanya terutama Iriana Jokowi.

"Tadi ibu (Iriana) dulu yang nangis, terus Mas Kaesang ikut nangis. Mas Bobby (suami Kahiyang Ayu) nangis juga," ujar Presiden Jokowi kepada wartawa  usai acara.

Baca Juga: Adat Jawa Centhik Geni Artinya Nyalakan Api dan Adang Sepisan Menanak Nasi di Pernikahan Kaesang - Erina

Terkait acara sungkeman dan siraman tersebut, Presiden Jokowi yang didampingi istrinya, Iriana Jokowi bersama Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution, juga meminta doa restu kepada masyarakat. Agar prosesi selanjutnya yakni midodareni serta ijab kabul besok dan dilanjutkan dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaran Solo bisa berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik, lancar dan kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat," jelasnya.

Jokowi mengungkapkan acara sungkeman dan siraman,  intinya adalah sebagai orangtua mengharapkan dan juga mendoakan agar keluarga Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah.

Baca Juga: Didirikan Masjid Darurat untuk Korban Gempa Cianjur

Usai menjalani prosesi adat sungkeman dan siraman, Kaesang Pangarep bersama orangtua dan keluarga akan menuju Yogyakarta untuk menjalani prosesi selanjutnya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X