• Minggu, 5 Februari 2023

MIND ID Buka Peluang Bersinergi dengan Kota Solo, Kembangkan Riset Teknologi Bidang Tambang

- Jumat, 9 Desember 2022 | 08:43 WIB
Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan saat Focus Group Discussion (FGD) bersama media di Solo  (Endang Kusumastuti)
Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan saat Focus Group Discussion (FGD) bersama media di Solo (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Meski Kota Solo tidak memiliki tambang, tetapi berpotensi menjadi pusat pengembangan riset teknologi di bidang ini.  Holding BUMN bidang pertambangan, MIND ID, menilai keberadaan Solo Techno Park (STP) bisa dijadikan tempat pengembangan riset teknologi sumber daya mineral.

MIND ID yang merupakan holding enam perusahaan tambang yakni PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk, bahkan melirik untuk bersinergi dengan Solo khususnya STP untuk menjadikan STP sebagai pusat inkubasi bisnis MIND ID

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang, Keluarga Jokowi Gelar Pengajian

"Saat berbicara seputar industri tambang nasional maka tidak hanya berbicara soal kewilayahan tetapi ekosistem Indonesia. Solo memang tidak punya tambang nikel, bouksit, emas, memang enggak ada. Tapi Solo punya STP yang bisa menjadi pusat inkubasi bisnis kita," jelas Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan saat Focus Group Discussion (FGD) bersama media di Solo dengan tema Refleksi Industri Pertambangan untuk Indonesia yang Lebih Baik, di Teakyard Resto Solo, Kamis (8/12/2022). 

Menurut Dany, STP bisa menjadi pusat riset teknologi tambang, teknologi zero emisi, green energy, green building, ataupun riset dekarbonisasi. Selain itu juga bisa menjadi pusat inkubasi pengembangan bisnis untuk mitra binaan industri tambang termasuk MIND ID

“Karena UMKM binaan kami tidak hanya yang berlokasi di lokasi tambang tapi juga di seluruh Indonesia. Makanya kita harus berfikir holistik, Solo punya STP yang bisa mengambil peran untuk industri tambang dan itu bisa dimulai dari hal kecil.” jelasnya lagi.

Baca Juga: Rumus Akar di Excel

Pada kesempatan itu, Dany juga  memaparkan mandat lain yang menjadi fokus dibentuknya holding. Fokus itu berupa penguasaan cadangan mineral, pengembangan hilirisasi, dan pencapaian zero net emission (emisi karbon 0%) pada 2060. 

Terkait penguasaan cadangan mineral, seperti diketahui MIND ID merupakan holding yang memiliki peran dan kotribusi cukup besar dalam industri pertambangan nasional.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB

Komisi D Dukung Percepatan Musor KONI Kota Bandung

Rabu, 1 Februari 2023 | 05:13 WIB
X