• Minggu, 5 Februari 2023

Indonesia dan Australia Terus Perkuat Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan

- Kamis, 8 Desember 2022 | 11:06 WIB
Menaker Ida Fauziyah
Menaker Ida Fauziyah

 

SUARAKARYA.ID: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, melakukan pertemuan bilateral dengan Minister for Skills and Training of Australia, Hon Brendan O'Connor, membahas sejumlah kerja sama bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dan Australia

Pertemuan bilateral dalam rangka memperkuat bidang ketenagakerjaan ini terjadi di sela-sela pelaksanaan The 17th Asia Pacific Regional Meeting (APRM) of The ILO, di Singapura, Rabu (7/12/2022). 

Dalam pertemuan guna memperkuat bidang ketenagakerjaan itu, Menaker mengatakan, Indonesia dan Australia memiliki jalinan kerja sama dalam kerangka Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). 

Baca Juga: Tanam Massal Pohon Kelor, Menko PMK Sebut Tanaman Multi-Gizi

Adapun kerja sama di bidang Ketenagakerjaan dalam skema IA-CEPA, Indonesia dan Australia telah memiliki Nota Kesepahaman tentang Pelatihan Berbasis Tempat Kerja (MoU on Workplace based Training) dan Nota Kesepahaman tentang Proyek Percontohan Pertukaran Pengembangan Keterampilan (MoU on Skills Development Exchange Pilot Project). 

Namun, perkembangan MoU ini sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 dan perubahan kepemimpinan di Australia

"Kami ingin berdiskusi lebih lanjut dengan Pemerintah Australia, khususnya untuk memfasilitasi ketersediaan informasi mengenai Eligible Sponsor List. Agar dapat menindaklanjuti dan menerapkan MoU on Workplace Based Training," terang Menaker

Baca Juga: Menaker Dorong Asia-Pasifik Lakukan 4 Prioritas Utama, Guna Wujudkan Pemulihan Berpusat  Manusia 

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baca dan Pilih Nama Bayi Perempuan Top Zaman Ini

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:04 WIB
X