• Minggu, 5 Februari 2023

Rencana Pembangunan Masjid di Margonda Aspirasi Masyarakat Sejak Lama

- Rabu, 7 Desember 2022 | 09:49 WIB
Kepala Bappeda Depok Dadang Wihana saat berkunjung ke kantor PWI Depok (Ist)
Kepala Bappeda Depok Dadang Wihana saat berkunjung ke kantor PWI Depok (Ist)

SUARAKARYA.ID: Rencana pembangunan Masjid di jalan utama Margonda Depok merupakan aspirasi masyarakat sejak lama. Perencanaannya pun sudah sejak lama dan juga dananya sudah ada dari Jawa Barat.

"Terkait rencana relokasi SDN 01 Pondok Cina untuk pembangunan masjid, itu sebenarnya aspirasi masyarakat sejak lama. Karena sepanjang jalan Margonda dari UI sampai lampu merah Ramanda tidak ada masjid yang memiliki areal parkir luas. Jadi saat orang pulang kerja, macet di waktu maghrib, orang sulit mencari masjid," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana saat bersilahturahmi ke kantor PWI Kota Depok, Selasa (6/12/2022).

Menurut Dadang Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tentu memperhatikan aspirasi masyarakat tersebut. "Ini kan sudah dibicarakan sejak lama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat juga. Anggarannya dari Pemprov Jawa Barat pun sudah disediakan," kata Dadang.

Baca Juga: Terpilih Aklamasi, Indra Jaya Ketua LPM Sawangan Siap Lanjutkan Program Sebelumnya

Sementara terkait kemacetan di Sawangan, menurut Dadang Pemkot telah menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat terkait penanganan kemacetan dampak exit Tol Sawangan Jalan Tol Depok-Antasari (Desari). Komunikasi sudah terjalin sejak 2020 hingga kini menunggu tindak lanjut dari pemerintah pusat.

Dadang menjelaskan, Jalan Raya Sawangan berstatus jalan nasional sehingga kewenangannya berada di pemerintah pusat. Namun Pemkot Depok berkomitmen dengan pemerintah pusat untuk melakukan penanganan kemacetan secara bersama-sama.

"Sudah ada komitmen dengan pemerintah pusat yang tertuang dalam Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Exit Tol Sawanga, bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)," ujar Dadang.

Baca Juga: Rizki Apriwijaya Sebut Jalan Raya Sawangan Macet Tak Berkesudahan, Depok Kurang SMA Negeri

Menurut Dadang, dalam komitmen Andalalin telah disepakati pemerintah pusat akan melakukan pelebaran Jalan Raya Sawangan dari Simpang Kodim (Perempatan Mampang) sampai Simpang Parung Bingung.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB

Komisi D Dukung Percepatan Musor KONI Kota Bandung

Rabu, 1 Februari 2023 | 05:13 WIB
X