• Minggu, 5 Februari 2023

Kaesang Pangarep Bakal Jalani Siraman, Diambilkan dari Tujuh Sumber Air

- Senin, 5 Desember 2022 | 17:42 WIB
Juru bicara pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka (Endang Kusumastuti)
Juru bicara pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.IDKaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menjalani tradisi adat Jawa menjelang pernikahan. Salah satunya adalah tradisi siraman. Tradisi siraman yang dilakukan Kaesang menggunakan air dari tujuh sumber air.

Kedua calon pengantin akan menjalani tradisi tersebut di rumah masing-masing. Untuk Kaesang akan menjalani siraman di rumah pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sumber, sedangkan Erina melakukan siraman di rumahnya di Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat (9/12/2022).

"Jumat pagi ada siraman, dilakukan di rumah di Sumber. Hanya keluarga inti saja, soalnya rumahnya juga sempit," jelas Juru BIcara Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, Gibran Rakabuming Raka, kepada wartawan di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Pernikahan Kaesang dan Erina, Tamu Diminta Tak Pakai Motif Parang dan Tak Bawa Sumbangan

Air yang digunakan untuk siraman, menurut Gibran diambilkan dari tujuh sumber air. Seperti dari Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Pura Mangkunegaran, Masjid Agung, Keraton Surakarta, Pengging, rumah kediaman Eyang Sujiatmi Notomiharjo, serta rumah pribadi Presiden Joko Widodo di Sumber. 

"Sumber air sama seperti saya dulu," katanya.

Acara siraman juga dilakukan di kediaman calon pengantin wanita, Erina Gudono di Sleman. Prosesi siraman di adat Jawa biasa dilakukan calon pengantin sebelum ijab kabul.  Yakni dengan menyiramkan air menggunakan gayung oleh perwakilan keluarga kepada calon pengantin.

Baca Juga: Lirik Lagu Terbang Gigi

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baca dan Pilih Nama Bayi Perempuan Top Zaman Ini

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:04 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir Ungkap Harga Asli Pertalite

Minggu, 5 Februari 2023 | 10:31 WIB
X