Era Digitalisasi, Wamenaker Menyarankan Mahasiswa Tak Perlu Takut Menghadapinya

- Senin, 5 Desember 2022 | 13:12 WIB
Wamenaker Afriansyah Noor.
Wamenaker Afriansyah Noor.
 
 
SUARAKARYA.ID: Menghadapi era digitalisasi, Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor menyarankan, agar mahasiswa tak perlu takut. Karena, kebutuhan di pasar kerja pada era digital lebih membutuhkan softskill.  
 
Untuk menghadapi era digitalisasi, mahasiswa hendaknya perlu membekali diri dengan pemikiran analitis dan inovatif; pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran; pemecahan masalah yang kompleks /problem solving; maupun pemikiran dan analisis yang kritis.
 
Saran itu, disampaikan Wamenaker saat menjadi pembicara  seminar nasional bertajuk 'Menakar perubahan dunia kerja di era digital merupakan sebuah tantangan atau peluang?' di Universitas Bangka Belitung (UBB), kabupaten Bangka, Bangka Belitung, Minggu (4/12/2022).
 
 
"Dengan kemajuan era digitalisasi yang luar biasa, para Alumni harus dapat mengimbangi kemampuan dan skillnya Termasuk juga kampus UBB harus membuka program diploma (prodi) yang bersinggungan dengan perusahaan atau digitalisasi di Bangka Belitung," ungkap Wamenaker
 
Dia mengemukakan, di era digitalisasi yang penuh tantangan ini, diharapkan Alumni UBB juga dapat mengimbangi dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa di UBB. Untuk meningkatkan skill dan kemampuannya, dalam pemahamannya terhadap digitalisasi.
 
Kepada Pemprov, Wamenaker pun menyarankan agar dapat bekerja sama dengan Kemnaker. Yang memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas maupun BLK UPTP di Belitung. 
 
 
"Di situ kami dapat bekerja sama dengan Pemprov/Pemkab/Pemkot, untuk melanjutkan program-program ketenagakerjaan. Dalam upaya meningkatkan skill masyarakat di Babel. Termasuk soal pertambangan dan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Provinsi Babel," terangnya. 
 
Wamenaket menyataksn, meski mudah mencari timah di Bangka, namun saat ini bukan lagi zamannya bermalas-malasan. Seluruh pemuda di Babel harus sekolah, kuliah, serta meningkatkan skill dan kemampuan sesuai perkembangan zaman. 
 
"Kemnaker telah menggalang program untuk anak-anak putus sekolah. Agar anak-anak tersebut nantinya memiliki skill," ujarnya.***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X