Lantik Pengurus KSBN DKI Jakarta: Ketum Hendardji Dorong Peradaban Maritim Dikembangkan di Ibu Kota

- Kamis, 1 Desember 2022 | 04:40 WIB
Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Hendardji Soepandji memberikan pataka KSBN menandai pelantikan dan pengukuhan Kepengurusan KSBN DKI Jakarta yang diketuai H.Imron Yunus, SPd  (AG Sofyan )
Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Hendardji Soepandji memberikan pataka KSBN menandai pelantikan dan pengukuhan Kepengurusan KSBN DKI Jakarta yang diketuai H.Imron Yunus, SPd (AG Sofyan )

 

 

SUARAKARYA.ID: Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Mayjend TNI (Purn) Drs. Hendardji Soepandji, SH menegaskan DNA atau molekul pembawa sifat Bangsa Indonesia adalah bangsa maritim dan agraris. 

Dengan diberikannya berkah dari Tuhan ini, apabila dikembangkan sebagai peradaban bangsa, sejatinya akan mampu mensejahterakan 275.361.267 jiwa rakyat Indonesia.

Baca Juga: Ketum KSBN Sebut Sosialisasi 4 Pilar Tak Cukup Hanya Bernarasi: Gunakan Nilai-nilai Seni Budaya Lebih Membumi

Hendardji menuturkan Indonesia yang terdiri dari 17.845 pulau dan Provinsi DKI Jakarta yang memiliki 110 pulau, menjadi starting point peradaban maritim juga perlu dikembangkan di Jakarta.

”500 tahun yang lalu Bangsa Eropa mendarat di Indonesia karena sangat berkepentingan mencari dan mengambil rempah-rempah Nusantara melalui Bandar Jakarta yang sangat mendunia.  Dengan kekayaan rempah-rempah itu, jalur perdagangan otomatis melalui perairan, harus memasuki lautan luas. Dengan begitu maka DNA bangsa kita pun identik dan memiliki karakter sebagai bangsa maritim sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu,"  ungkap tokoh budaya nasional ini saat melantik dan mengukuhkan Pengurus KSBN Provinsi DKI Jakarta di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Jelang Rakernas KSBN, Ketum Hendardji Ingatkan Pendidikan Berbasis Budaya Perkuat Karakter Bangsa

Hadir pada momentum ini dari unsur Dewan Pengawas KSBN yakni Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA; Dr. H. Rahmat Shah. Lalu Ketua II, Prof. Dr. Satya Arinanto, SH., MH, Sekjen Ir. Yekti Tri Wahyuni, MM dan Senator DPD RI mewakili DKI, Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, SH., M.Si.

Sejumlah Penari Yapong mengekspresikan kemampuannya menari untuk menyambut tamu dan hadirin pada saat pelantikan dan pengukuhan Pengurus KSBN DKI Jakarta (AG Sofyan )
Ketua Umum KSBN ini menyebut, tahun 2023 menjadi tahun paling sibuk organisasi nonpemerintah di bidang seni dan budaya  menggelar sejumlah kegiatan.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Sumber: Humas KSBN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disparbud Kota Bekasi Kembangkan Wisata Raftimg

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:31 WIB

Diguyur Hujan Deras, Sembilan Ruas Jalan Tergenang

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:59 WIB
X