Jelang Pernikahan, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Ziarah ke Makam Raja-Raja Mangkunegara

- Selasa, 29 November 2022 | 20:27 WIB
Kaesang Pangarep bersama calon istrinya Erina Gudono usai ziarah ke makam Mangkunegara VI di Astana Utara Nayu Kota Solo (Endang Kusumastuti)
Kaesang Pangarep bersama calon istrinya Erina Gudono usai ziarah ke makam Mangkunegara VI di Astana Utara Nayu Kota Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Menjelang acara pernikahan, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep bersama calon istrinya, Erina S Gudono melakukan ziarah ke makam para Raja Mangkunegaran, Selasa (29/11/2022).

Keduanya melakukan ziarah mulai dari makam Mangkunegara I hingga IX. Dengan mengenakan busana beskap hitam dan Erina dengan kebaya hitam, keduanya mulai ziarah di Mangadeg, di sana terdapat makam KGPAA Mangkunegara I, II, dan III. 

Dilanjutkan ke Astana Girilayu ke makam Mangkunegara IV, V, VII, VIII, dan IX. Makam Mangadeg dan Girilayu di Kabupaten Karanganyar tersebut masih berada di dalam satu kompleks makam raja-raja Mangkunegara.

Baca Juga: Injourney dan Pura Mangkunegaran Kembangkan Wisata Jalur Heritage

Terakhir, kedua calon pengantin itu ziarah ke makam Mangkunegara VI di Astana Utara, Nayu, Kota Solo.  Saat ziarah ke Mangadeg dan Girilayu, mereka masuk ke lokasi makan dengan menaiki tangga, tanpa alas kaki.

Saat ziarah, keduanya didampingi oleh Pengageng Wedhana Satrio Puro Mangkunegaran KMRT Lilik Priarso. Usai ziarah, baik Kaesang maupun Erina enggan memberikan keterangan. 

Juru Kunci Astana Utara Nayu, Haryanto (68) yang ditemui wartawan mengatakan Kaesang dan Erina di makam Raja-Raja Mangkunegaran tersebut hanya ziarah.

Baca Juga: Intip Garasi Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X