Injourney dan Pura Mangkunegaran Kembangkan Wisata Jalur Heritage

- Selasa, 29 November 2022 | 16:46 WIB
KGPAA Mangkunegara X dan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara II, Kartika  Wirjoatmodjo saat di Pura Mangkumegaran Solo (Istimewa)
KGPAA Mangkunegara X dan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara II, Kartika Wirjoatmodjo saat di Pura Mangkumegaran Solo (Istimewa)

SUARAKARYA.ID: Kementerian BUMN melalui Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney, mendorong pengembangan pariwisata di Indonesia. Melalui pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang salah satunya ialah kawasan Borobudur.

Untuk memperkaya destinasi wisata selain Borobudur, pengembangan ekosistem 
pariwisata di Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) juga dilakukan. Salah satunya dengan melakukan eksplorasi kerjasama dengan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

"Ini bagian dari itinerary wisata di jalur heritage Joglosemar. Untuk mempromosikan Pura Mangkunegaran sebagai destinasi pariwisata warisan budaya," jelas Direktur Utama Injourney, Dony Oskaria, di sela-sela acara sarasehan dengan Kementerian BUMN, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Lirik Lagu Sisa Rasa - Mahalini Rahaharja ... Tak Tersisa Lagi Waktu Bersama

Kerjasama Injourney dan Pura Mangkunegaran tersebut diharapkan dapat mengembangkan potensi Pura  Mangkunegaran sebagai pelopor dan percontohan pemanfaatan ruang berkelanjutan yang berwawasan budaya.

Pura Mangkunegaran menjadi pelopor percontohan pemanfaatan ruang berkelanjutan yang berwawasan budaya, selaras dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat sekarang," jelasnya lagi.

Melalui kerjasama tersebut diharapkan dapat menambah lama tinggal (length of stay) dan belanja wisata yang berdampak pada peningkatan pertumbuhan UMKM di Jawa Tengah.

Baca Juga: Lirik Lagu Masih Ada Band

Saat ini, Pura Mangkumegaran Solo juga tengah merevitalisasi Taman Pracima atau Pracima Tuin. Menurut KGPAA Mangkunegara X, Pracima Tuin tersebut bakal dibuka untuk umum pada Januari tahun 2023.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X