• Selasa, 31 Januari 2023

Nonton Wayang Golek Lenong Betawi, Dalang dan Penonton Cilik Berinteraksi

- Selasa, 29 November 2022 | 06:18 WIB
Foto: suarakarya.id
Foto: suarakarya.id

SUARAKARYA.ID:  Gebrakan baru dilakukan Reza Purbaya ketika mendalang di pergelaran wayang golek lenong Betawi di Museum Wayang di Kota Tua, Jakarta Tua, Minggu (27/11/2022).

Di tengah adegan pertarungan antara dua kelompok yang berlawanan, tiba tiba ada satu tokoh wayang golek  terlempar keluar panggung dan tersangkut di tebingnya.

Sambil menggerakkan golek tokoh lelaki berkepala botak tersebut,  dalang Bang Reza minta tolong kepada penonton.

Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta yang Pertama Suwiryo apa Soemarno? 17 Orang Menjawab Ali Sadikin

Dengan berani seorang gadis kecil yang belakangan diketahui bernama Alana (6 tahun) maju ke depan panggung golek. Alana yang sedari awal mengikuti cerita lenong golek itu segera mengangkat wayang golek yang menggantung di pinggir luar panggung, dan memberikannya kepada dalang Reza Purbaya.

Maka terjadilah dialog hangat antara Alana dan dalang Reza. Sementara Pak Alan ayah Alana,  warga RT 06/03  Kelurahan Kebagusan Jakarta Selatan hanya menyaksikan dari kursi penonton pada putri kecilnya itu.

Pengamat budaya dan pariwisata H Abu Galih yang menyaksikan pergelaran itu menilai Reza Purbaya berhasil menarik perhatian penonton anak-anak dan generasi muda.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD DKI Hj Zita Anjani Bagikan Minyak Goreng Usai Resmikan Pengaspalan Jalan

Terbukti banyak anak seumuran Alana seperti Asnah yang nonton golek  Lenong Betawi bersama ayahnya, Embi, warga Bambu Apus, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur terlihat antusias sekali.
Terutama ketika dialog dialog kocak dilontarkan Ki Dalang Reza, tentu saja diawali pantun, baik Alana maupun Asnah tertawa terbahak-bahak.

Lain halnya dengan Umi Kinanthi seorang penonton warga Kecamatan Duren Sawit, yang menilai teknik panggung wayang golek Betawi ini cukup menarik.
"Saat ada suara tembakan terlihat ada apinya di ujung senapan,"   ujar Umi yang sudah 2 kali menyaksikan pergelaran wayang golek Betawi Reza Purbaya ini.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Info Cuaca dari BMKG, Jabodetabek Cerah Hari ini

Kamis, 26 Januari 2023 | 09:40 WIB
X