Rawan Bencana, Kapolda DIY: Personel Kepolisian Harus Punya Punya Keterampilan SAR dan Upaya Mitigasi Bencana

- Senin, 28 November 2022 | 06:18 WIB
Latihan penanggulangan bencana di Waduk Sermo Kulonprogo DIY  (istimewa )
Latihan penanggulangan bencana di Waduk Sermo Kulonprogo DIY (istimewa )

SUARAKARYA.ID: Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan membuka pelatihan Peningkatan Kemampuan Penanggulangan Bencana bagi Personel Polda DIY di Waduk Sermo, Kulon Progo.

Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan menggenjot personelnya untuk memiliki kemampuan yang lebih di bidang penanggulangan bencana, karena wilayah DIY memiliki potensi rawan terjadinya bencana alam.

"Melihat potensi wilayah DIY yang rawan terjadinya bencana alam, maka seluruh personel Polda DIY wajib menjadi garda terdepan sebagai pelindung, pengayom dan pelayan yang memberi rasa aman kepada masyarakat khususnya terkait bencana alam," kata Suwondo Nainggolan, pada Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga: Kapolda DIY Pimpin Pelepasan Rombongan Bantuan Kemanusiaan Kepada Korban Gempa Cianjur

Kapolda menegaskan, langkah antisipasi harus disiapkan sehingga membutuhkan personel yang mahir di bidang SAR, memiliki mental baik, mampu mengoperasionalkan peralatan yang dimiliki, serta siap sedia, kapan dan di manapun ditugaskan.

"Latihan ini sangat tepat, dan perlu diupayakan untuk terus dilaksanakan baik internal di kesatuannya, maupun secara terpadu lintas kesatuan dan instansi lain," tuturnya.

Baca Juga: Pimpin Rakor, Kapolda DIY Evaluasi Penanggulangan Kejahatan Meresahkan Khususnya Terkait Kejahatan Jalanan

Kapolda DIY Irjen Suwondo berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga materi yang akan disampaikan oleh para instruktur dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas khususnya dalam melakukan upaya mitigasi bencana secara cepat dan tepat.

Di kesempatan tersebut peserta dilatih bagaimana mengevakuasi laka laut dengan menggunakan alat pelampung radio control yang dapat memungkinkan evakuasi korban di lokasi yang sulit dijangkau.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X