Erick Thohir Pimpin Gladi Resepsi Pernikahan Kaesang, Akan Ada Kirab Kereta Kencana

- Minggu, 27 November 2022 | 22:25 WIB
Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan mengikuti gladi resepsi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono (Endang Kusumastuti)
Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan mengikuti gladi resepsi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Persiapan acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono di Kota Solo terus dimatangkan. Hari Minggu (27/11/2022), dilakukan gladi kotor kirab kereta kencana dari Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Solo menuju tempat resepsi di Pura Mangkunegaran.

Gladi dipimpin langsung Menteri BUMN, Erick Thohir. Selain Erick, nampak juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. Erick Thohir bersama Budi Karya Sumadi nampak ikut menaiki salah satu kereta kuda, sedangkan Bahlil Lahadalia menaiki sepeda lipat menyusuri Jalan Slamet Riyadi.

"Untuk acara ngunduh mantu dilakukan di Loji Gandrung,semua acara di sana. Baru kemudian  naik kereta kesini (Pura Mangkunegaran). Adat istiadat di sini juga kita hormati," jelas Menteri BUMN Erick Thohir yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk mengurusi acara pernikahan, di Pura Mangkunegaran Solo.

Baca Juga: Ribuan Warga NU Kota Solo Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional PCNU Solo

Acara di Pura Mangkunegaran, menurut Erick hanya tasyakuran.  Acara tersebut sesuatu yang tidak mengubah adat istiadat yang harus dipahami dan hormati.

"Acara ini melibatkan masyarakat bukan sebuah acara buat beliau-beliau saja. Karena beliau kan bagian dari masyarakat Solo jadi ini bagian dari masyarakat," jelasnya lagi.

Erick mengungkapkan dalam resepsi ngunduh mantu itu akan ada kirab sembilan sampai 10 kereta kuda dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran. Pengantin akan naik salah satu kereta kuda dan menyapa masyarakat.

Baca Juga: Penuh Penghayatan, Emilia Contessa Seperti Batak Tulen Saat Lantunkan Lagu Inang

"Masyarakat tetap beraktivitas nornal, tapi kita siapkan pesta rakyat. Ada sembilam titik yang disiapkan di sepanjang jalan, jadi acara yang berlangsung setiap Minggu tetap tidak ada perubahan," katanya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X