Ratusan Dokter Dikerahkan Bantu Pasien Korban Gempa Bumi di Cianjur

- Senin, 21 November 2022 | 19:52 WIB
Ratusan Dokter Dikerahkan Bantu Pasien Korban Gempa Bumi di Cianjur (Istimewa)
Ratusan Dokter Dikerahkan Bantu Pasien Korban Gempa Bumi di Cianjur (Istimewa)

SUARAKARYA.ID: Sekitar 200 tenaga medis dokter umum dan dokter spesialis anggota IDI Cianjur dan yang bertugas di wilayah ini turun menangani korban gempa.

Gempa   bumi berkekuatan M 5,9 yang berpusat di darat 10 km barat daya Cianjur Jawa Barat menghancurkan banyak bangunan.

Baik rumah penduduk, pondok pesantren, hingga rumah sakit. Saat ini diperkirakan sekitar 700 orang luka imbas kejadian tersebut.

Baca Juga: Lirik Lagu Donci For Mama - Zeth Lekatompessy

Tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengerahkan ratusan dokter untuk bergerak cepat menangani ratusan korban luka.

Mayoritas korban disebut mengalami patah tulang.

Sekitar 200 tenaga medis dokter umum dan dokter spesialis anggota IDI Cianjur dan yang bertugas di wilayah Cianjur turun menangani korban gempa.

" Saat ini kami juga berkoordinasi dengan banyak pihak termasuk BNPB, Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, Pemerintah Kabupaten dan masih banyak lagi untuk menyiapkan Rumah Sakit Darurat di Pendopo Kabupten Cianjur di Jl. siti Zaenab," kata Ketua IDI cabang Cianjur, dr Ronny Hadyanto dalam keterangan tertulis Senin (21/11/2022).

dr Ronny menjelaskan kondisi korban yang meninggal mengalami cedera di kaki dan kepala. Tercatat hingga pukul 17.30 terdapat 58 korban meninggal dunia yang terdiri dari dewasa, lansia, dan anak-anak.

Baca Juga: Lirik Lagu Religi - Melly Goeslaw

Sementara itu korban yang luka secara total mencapai lebih dari 700 orang. RSUD Sayang Cianjur hingga saat ini menampung sekitar lebih dari 200 korban luka.

dr Eka Mulyana, SpOT - Ketua IDI Wilayah Jawa Barat menyampaikan bahwa IDI Wilayah Jawa Barat sedang mengerahkan tim siaga bencana dari IDI Jawa Barat yang sedang dalam perjalanan ke Cianjur seraya membawa perlengkapan tenda peleton dan sejumlah obat-obatan.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah IDI cabang di Jawa Barat dan sekitar Cianjur untuk membantu dari sisi tenaga medis. ***

Sumber: Istimewa

Baca Juga: Penerbangan Langsung Jakarta - Madinah Jakarta - Jedah Dibuka Februari 2023

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disparbud Kota Bekasi Kembangkan Wisata Raftimg

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:31 WIB

Diguyur Hujan Deras, Sembilan Ruas Jalan Tergenang

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:59 WIB

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB
X