MOU Polda DIY dengan Pengelola Candi Prambanan, Begini Butir Butir Kesepakatannya

- Jumat, 11 November 2022 | 19:46 WIB
Polda DIY dan PT. Taman Wisata Candi Prambanan (TWCP) menandatangani Nota Kesepahaman, pemeliharaan keamanan di area wisata. (istimewa )
Polda DIY dan PT. Taman Wisata Candi Prambanan (TWCP) menandatangani Nota Kesepahaman, pemeliharaan keamanan di area wisata. (istimewa )

SUARAKARYA.ID: Polda DIY dan PT. Taman Wisata Candi Prambanan (TWCP) menggelar penandatanganan Nota Kesepahaman, pemeliharaan keamanan di area wisata, Jumat (11/11/2022).

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan dengan Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Edi Setijono.

Baik Polda DIY maupun PT TWC sepakat, bahwa pengelolaan keamanan di kawasan candi sebagai obyek wisata adalah hal penting dan memiliki makna strategis. Di mana aspek keamanan sangat berpengaruh pada perkembangan pariwisata, dan tentu hal ini berdampak pada peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Kapolda DIY Sambangi Tokoh Masyarakat, Begini Pesan Gus Mitfah untuk Polri

Kapolda DIY dalam sambutannya mengatakan bahwa Candi Prambanan dan Ratu Boko merupakan obyek vital yang wajib diamankan oleh kepolisian sesuai dengan Keppres Nomor 63 tentang Pengamanan Obyel Vital Nasional.

“Sudah menjadi tugas kami dari Kepolisian dalam hal ini Polda DIY untuk mendukung keamanan dan kenyamanan terhadap semua kegiatan yang diselenggarakan di Candi Prambanan dan Ratu Boko, Polda DIY juga akan melakukan tindakan penegakkan hukum apabila terjadi dugaan tindak pidana terjadap aset milik TWC Prambanan,” terang Kapolda saat memberikan sambutan.

Baca Juga: Lakon Wisanggeni Lahir , Cocok Gambarkan Irjen Suwondo Nainggolan sebagai Kapolda DIY

Ia menambahkan, berkembangnya pariwisata di Yogyakarta tidak bisa dilepaskan dari aspek pemeliharaan keamanan, baik keamanan wilayah maupun di kawasan obyek wisata.

Sedangkan Dirut PT TWC, dalam sambutannya menjelaskan bahwa MOU dengan Polda DIY sangat penting mengingat Candi Prambanan merupakan destinasi wisata super prioritas yang memiliki peran yang strategis untuk mendongkrak pertumbuhan pariwisata di Indonesia.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X