Terinspirasi Era Mangkunegara VII, Pura Mangkunegaran Solo Revitalisasi Pracima Tuin

- Selasa, 8 November 2022 | 12:22 WIB
KGPAA Mangkunegara X bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat meninjau revitaslisasi Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo (Endang Kusumastuti)
KGPAA Mangkunegara X bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat meninjau revitaslisasi Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Pura Mangkunegaran Solo bakal memiliki spot taman yang menarik. Taman Pracima atau  Pracima Tuin yang berada di sebelah utara barat kompleks Pura Mangkunegaran tersebut, saat ini masih dalam proses revitalisasi.

Konsep revitalisasi Taman Praciman terinspirasi dari taman kerajaan yang dibangun pada era pemerintahan Mangkunegara VII. Sebelum direvitalisasi, kawasan seluas sekitar 1 hektar itu, pernah digunakan sebagai lapangan tenis.

"Taman ini dari eranya eyang buyut saya, Mengkunegara VII sekitar tahun 1920-an. Jadi kita kembalikan seperti itu," jelas penguasa Pura Mangkunegaran Solo, KGPAA Mangkunegar X Bhre Cakrahutama, saat mendampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau revitalisasi Praciman Tuin, Selasa (8/11/2021).

Baca Juga: 10 Saksi Berikan Keterangan Dugaan Tindak Pidana Korupsi dan TPPU Terdakwa Surya Darmadi

Lebih lanjut Gusti Bhre mengatakan di taman tersebut akan ada tiga bangunan utana yakni 
Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik,  serta sejumlah bangunan lainnya.Pracima Tuin akan menjadi wadah pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta kuliner khas Mangkunegaran.

"Tempat ini akan jadi tempat interaksi publik. Pembangunannya akan selesai akhir bulan Desember mendatang," jelasnya lagi.

Gusti Bhre juta nengatakan revitalisasi Pracima Tuin tersebut telah melalui kajian dan pendampingan dari cagar budaya. Untuk detail bangunan, Bhre mengatakan merupakan perpaduan atau kombinasi akulturasi.

Baca Juga: 96 Calon Tamtama PK Reguler Gelombang II dan Lintas Agama TNI AD 2022 Ikut Sidang Parade

Taman tersebut juga bakal dibuka untuk umum, tetapi pihaknya belum bersedia menjelaskan fungsi-fungsi bangunan tersebut. Termasuk anggaran yang dibutuhkan untuk revitalisasi Pracima Tuin, Bhre juga enggan menjelaskan.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X