Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Sampaikan Empat Pengembangan Utama dalam Pemanfaatan Ruang Angkasa

- Jumat, 4 November 2022 | 21:46 WIB
Foto: Dispenau
Foto: Dispenau

SUARAKARYA.ID: Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA menyampaikan ada empat sektor utama yang dikembangkan TNI AU secara signifikan dalam pemanfaatan ruang angkasa. Keempat hal tersebut meliputi pengembangan , Network Centric Warfare, Komando Siber, Pengintaian dan Kemampuan Komunikasi, serta kerjasama luar angkasa.

Hal tersebut disampaikan Kasau dalam keynote speech, pada Space Summit kegiatan Indo Defence 2022 di JIExpo  Kemayoran Jakarta, Kamis (3/11/2022)

"Sebagai Kepala Staf Angkatan Udara, saya telah menggarisbawahi sektor penting untuk dikembangkan secara signifikan dalam pemanfaatan ruang angkasa," ujar  Kasau.

Baca Juga: Kasau Tegaskan Perkembangan Lingkungan Strategis Menuntut Militer Lakukan Transformasi

Kasau mengatakan, saat ini Angkatan Udara dan instansi lainnya sedang membangun Network Centric Warfare. Menurut Kasau kerja sama ini, juga harus didukung oleh kapabilitas satelit yang mencakup seluruh nusantara.

Sementara pengembangan Komando Siber, smart weapon  komunikasi, dan sistem navigasi juga akan bergantung pada satelit. Penggunakan satelit akan lebih efisien untuk membangun jaringan siber Angkatan Udara yang membutuhkan pengembangan lebih lanjut dalam kemampuan siber.

Sedangkan untuk mengembangkan Pengintaian dan Kemampuan Komunikasi, satelit menghasilkan data secara akurat untuk mendukung informasi. Ini akan sangat membantu dalam mengembangkan C5ISR TNI AU dan mengirimkan pesan darurat dengan instansi lain dalam mengantisipasi kemanan nasional.

Baca Juga: Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo Kukuhkan Lambang Kesatuan Jajaran Kodiklatau

"Yang tidak kalah penting adalah kerjasama luar angkasa, karena tidak ada batasan dalam domain  angkasa, sehingga penting untuk berkolaborasi dan bekerjasama dengan badan antariksa lain untuk mengembangkan konsep dan strategi," ungkap Kasau.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X