Indonesia Makin Cakap Digital, Jangan Sia-siakan Kesempatan Belajar Online

- Kamis, 3 November 2022 | 18:11 WIB
Program Literasi Digital 2022 dari Kementerian Kominfo memiliki 4 pilar utama yaitu Etika Digital, Budaya Digital, Keamanan Digital dan Keterampilan Digital. (Ist)
Program Literasi Digital 2022 dari Kementerian Kominfo memiliki 4 pilar utama yaitu Etika Digital, Budaya Digital, Keamanan Digital dan Keterampilan Digital. (Ist)

SUARAKARYA.ID: Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang bekerja sama dengan SiberKreasi, pemerintah menyelenggarakan kegiatan literasi digital yang bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital.

Indonesia saat ini tengah memasuki era digital yang perlu didorong oleh talenta digital yang handal dan mumpuni.

Tampil sebagai narasumber antara lain M Adhi Prasnowo, E Rizky Wulandari, dimana keduanya merupakan dosen kampus Stikosa AWS dan juga Desto sebagai Key Opinion Leader.

Adhi mengatakan seperti yang sudah kita ketahui bahwa Jumlah populasi pengguna lebih besar dari jumlah populasi penduduk Indonesia dengan pertumbuhan digital yang cukup tinggi.

Baca Juga: Webinar Literasi Digital Kominfo, Jangan Lupa Membawa Budaya Indonesia ke Dunia Maya

Dalam kegiatan literasi digital yang bertema “Sukses Belajar Online dengan Kemampuan Literasi”, Adhi berpesan kepada peserta, untuk lebih bijak ketika ingin menggunakan internet, walaupun bisa digunakan untuk belajar, internet memudahkan pelajar untuk mengakses apa saja.

“Perlu adanya keterbukaan dan kejujuran dalam keluarga bisa melindungi anak dari materi negatif internet. Batasi penggunaan dan libatkan pada kegiatan lain seperti olahraga,” himbau Adhi.

Desto menambahkan, “setiap individu sudah saatnya untuk cakap digital dengan memanfaatkan kemudahan teknologi yang tersedia, perlunya mengupgrade diri  kemampuan digital. Pentingnya untuk selalu menjaga etika di ruang digital, jangan tinggalkan jejak yang buruk, karena jejak digital sulit untuk dihilangkan.”

Program Literasi Digital 2022 dari Kementerian Kominfo memiliki 4 pilar utama yaitu Etika Digital, Budaya Digital, Keamanan Digital dan Keterampilan Digital.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baca dan Pilih Nama Bayi Perempuan Top Zaman Ini

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:04 WIB
X