Transformasi BLK, Untuk Tingkatkan Kompetensi SDM Berdaya Saing Internasional

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 05:58 WIB
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi.
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi.
 
 
SUARAKARYA.ID: Transformasi Balai Latihan Kerja (BLK)  bertujuan untuk menjadikan BLK sebagai pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja, yang memiliki daya saing di tingkat Nasional dan Internasional.
 
"Jadi program Transformasi BLK ini untuk memperkuat pelatihan vokasi sebagai program unggulan, untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi.
 
Sekjen Anwar menyampaikan hal transformadi BLK, saat memberi Kuliah Umum, di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (19/10/2022).
 
 
Kuliah umum tersebut bertajuk 'Peluang dan Tantangan Permasalahan Ketenagakerjaan Lulusan Perguruan Tinggi untuk Mendukung IKN'. 
 
Seperti diketahui, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah mengimplementasikan 9 Lompatan Besar Kemnaker. Guna merespons tantangan dan kondisi ketenagakerjaan, salah satu lompatan itu berupa transformasi BLK
 
Lebih lanjut, Sekjen Anwar mengatakan, dalam mentransformasi BLK, Kemnaker melakukan 6 hal atau yang dikenal dengan strategi 6R. Yaitu reformasi kelembagaan, redesain substansi pelatihan, reorientasi SDM,  relationship, rebranding, serta revitalisasi.
 
 
Dikemukakannya, poses transformasi BLK harus memenuhi semua komponen 6R tersebut. Sehingga, dapat terwujud link and match antara sisi penyiapan SDM dan kebutuhan SDM oleh industri.
 
"Untuk itu dalam link and match ini harus dalam sekali tarikan nafas. Yaitu lembaga pelatihan harus bisa melatih, memberi sertifikat, serta penempatan," ucapnya.***
 
 

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baca dan Pilih Nama Bayi Perempuan Top Zaman Ini

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:04 WIB
X