Sambut Musim Penghujan, KAI Daop 8 Surabaya Petakan Daerah Rawan

- Senin, 17 Oktober 2022 | 12:10 WIB
Jajaran KAI Daop 8 Surabaya saat melakukan pemetaan daerah rawan
Jajaran KAI Daop 8 Surabaya saat melakukan pemetaan daerah rawan

SUARAKARYA.ID: KAI Daop 8 Surabaya menghadapi cuaca hujan yang terjadi belakangan ini dengan melakukan pemetaan dan penanganan lokasi daerah rawan yang berpotensi mengganggu keselamatan dan kelancaran perjalanan KA.

Menurut Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, di wilayahnya saat ini terdapat 7 titik rawan bencana, seperti banjir, longsor, hingga pohon tumbang. "Kami telah melakukan berbagai upaya, agar perjalanan KA tetap berjalan dengan selamat dan lancar," ujarnya, Senin (17/10/2022).

Dia kemudian menyebutkan bahwa jajaran KAI Daop 8 Surabaya sudah menempatkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dan menugaskan Petugas Daerah Rawan di lokasi rawan tersebut.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Kasmaran 'Aku Tahu Rasanya' - Pinkan Mambo

Melalui antisipasi tersebut, pihaknya bisa langsung menindaklanjuti ketika terjadi gangguan. Sehingga perjalanan KA di wilayah Daop 8 tidak akan terganggu dan lancar, selamat sampai tujuan.

Dia kemudian menyebutkan di km 32+700 s.d 33+200, jalur KA antara Stasiun Tanggulangin - Stasiun Porong, terdapat potensi banjir. Para petugas yang berdinas telah melakukan antisipasi, yaitu membuat drainase saluran air, maupun memaksimalkan fungsi saluran yang sudah ada.

Selain potensi tersebut, hampir di sepanjang jalur KA terdapat pohon dan adanya serta kabel yang menjuntai diatas rel. Hal yang patut diwaspadai jika pada musim hujan nanti memiliki potensi miring atau roboh ke arah jalur KA yang dapat menggangu dan membahayakan perjalanan KA.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Bertaut 'Keras Kepalaku Sama Denganmu' - Nadin Amizah

"Tindaklanjutnya, kami kordinasikan dengan Pemerintah daerah dan pemilik tiang, melakukan perampingan dahan pohon dan juga memastikan kondisi tiang kokoh dan tidak roboh yang dapat mengganggu perjalanan KA," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baca dan Pilih Nama Bayi Perempuan Top Zaman Ini

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:04 WIB
X