• Minggu, 4 Desember 2022

Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab TGIPF Tragedi Kanjuruhan, Sampai Kapan Bekerja?

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 17:29 WIB
Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Rabu (5/10/2022).  (BPMI Setpres)
Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Rabu (5/10/2022). (BPMI Setpres)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 19 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang.

Berdasarkan Keppres tersebut, TGIPF Kanjuruhan bertugas untuk mencari, menemukan, dan mengungkap fakta dengan didukung data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

"Sebagai bahan evaluasi untuk menghindari peristiwa serupa terjadi di masa yang akan datang, serta memberikan keadilan, baik bagi korban dan/atau keluarganya maupun masyarakat dalam peristiwa tersebut,” bunyi peraturan tersebut, sebagaimana dikutip dari laman JDIH Sekretariat Kabinet (Setkab).

Baca Juga: Tragedi Tembok Madrasah, Menko PMK Tinjau Lokasi dan Sampaikan Ungkapan Duka Cita

Tragedi Kanjuruhan Malang, Jawa Timur mengakibatkan setidaknya korban meninggal 131 orang (update terbaru) dan korban lainnya mengalami luka-luka, hingga menimbulkan dukacita mendalam baik bagi keluarga korban maupun masyarakat Indonesia.

Peristiwa ini juga menjadi keprihatinan sepakbola Indonesia dan dunia. Bahkan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) menggambarkannya sebagai tragedi kelam dunia sepakbola internasiona ok hingga FIFA merasa perlu menurunkan tim khusus untuk menyelidiki kasus ini seterang-terangnya.

TGIPF praktis juga bertugas untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pertandingan sepakbola antara Tim Arema yang berhadapan dengan Tim Persebaya dalam kompetisi Liga Indonesia (LI) lalu.

Baca Juga: 20 Polisi Diduga Langgar Etik, Polri Tegaskan Komitmen Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Termasuk, mengevaluasi prosedur pengamanan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, sebagai panduan agar tidak terjadi peristiwa serupa pada pertandingan sepakbola yang lain.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Sebut Persiapan Pernikahan Kaesang, 99 Persen

Minggu, 4 Desember 2022 | 16:53 WIB

Kemnaker Buka Akses Pemagangan ke Korea

Minggu, 4 Desember 2022 | 04:32 WIB
X