• Rabu, 30 November 2022

Kemnaker Terus Perluas Layanan Pengawasan Ketenagakerjaan

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 15:54 WIB
FGD bertajuk 'Kepatuhan Norma Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja',
FGD bertajuk 'Kepatuhan Norma Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja',
 
 
SUARAKARYA.ID: Kemnaker melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) terus memperluas layanan pengawasan ketenagakerjaan. Dalam menjaga keseimbangan pelindungan ketenagakerjaan bagi tenaga kerja dan pengusaha.
 
Metode layanan pengawasan ketenagakerjaan Kemnaker, selama ini hanya terbatas dengan metode konvensional. Yang mewajibkan pengawas ketenagakerjaan melakukan pemeriksaan, melalui kunjungan langsung ke perusahaan.
 
Pengawasan ketenagakerjaan kini dapat ditempuh Kemnaker, secara daring dan luring. Untuk menjangkau lebih banyak perusahaan.
 
 
Semua itu dikemukakan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, saat membuka secara virtual Focus Grup Discussion (FGD) bertajuk 'Kepatuhan Norma Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja', di Bogor Jawa Barat, Kamis (6/10/2022).
 
Menaker mengemukakan, norma ketenagakerjaan itu banyak jenisnya. Meliputi norma pengupahan, norma jaminan sosial, norma waktu kerja dan waktu istirahat, norma hubungan kerja, norma pelatihan dan penempatan tenaga kerja, serta norma keselamatan dan kesehatan kerja. 
 
"Keseluruhan norma-norma yang ada wajib dipahami dan diterapkan oleh pengusaha dan pekerja/buruh. Demi terwujudnya keadilan serta kesejahteraan sosial," ungkapnya.
 
 
Sementara, Direktur Jenderal Binwasnaker dan K3e Haiyani Rumondang menjelaskan, kegiatan FGD yang diadakan secara hybrid ini sebagai sarana penyebarluasan peraturan perudang-undangan ketenagakerjaan, yang terus berkembang kepada seluruh perusahaan
 
Selain itu, FGD juga menjadi komunikasi langsung pemerintah dengan perusahaan. Dalam menghimpun masukan penyusunan kebijakan ketenagakerjaan, di masa yang akan datang.
 
"Semoga dari kegiatan FGD dapat bermanfaat bagi khalayak luas dan bisa terus berlanjut di masa depan," kata Dirjen Haiyani.***
 
 
 

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemnaker Dorong Lembaga K3 Tingkatkan Mutu Layanan K3

Senin, 28 November 2022 | 21:58 WIB
X