• Minggu, 4 Desember 2022

Ganjar Pranowo Sukses Bikin Investor Mau Investasi di Jawa Tengah

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:40 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi Kampung Batik Kauman Solo (Endang Kusumastuti)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi Kampung Batik Kauman Solo (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam groundbreaking pabrik Wavin, di Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Senin (3/10/2022).

Menurut Ganjar banyaknya investasi yang saat ini sudah masuk ke Jawa Tengah adalah bukti kepercayaan investor kepada Indonesia.

“Kita senang sekali di tengah situasi ekonomi yang lagi sulit, ternyata kepercayaan investor cukup bagus dan masuk di Batang, Jawa Tengah. Menurut saya itu menunjukkan kepercayaan Indonesia di kancah luar, bahwa kita negara yang siap dalam situasi apa pun dan kondusif, sehingga investasi masuk,” kata Ganjar, di Batang.

Baca Juga: Menag Nilai Tepat Libatkan Penyuluh Agama dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Ditambahkan, Wavin merupakan anak usaha Orbia dan bergerak pada bidang bangunan dan infrastruktur. Wavin menjadi salah satu dari 10 perusahaan besar dunia, yang sudah berinvestasi di Ground Batang City. Perusahaan asal Belanda itu akan mendirikan pabrik di lahan seluas 20 hektare di areal Grand Batang City. Pabrik itu ditarget akan mulai beroperasi pada 2024.

Menurut laporan Kementerian Investasi/BKPM pada 23 November 2020, komitmen investasi Wavin tercapai dalam pertemuan di Den Haag, Belanda, pada 11 November 2020. Dalam laporan itu disebutkan pula nilai investasi Wavin di Indonesia sebesar 125 juta dolar AS (sekira Rp1,9 triliun berdasarkan kurs 3 Oktober 2022), dengan proyeksi penyerapan 400-500 tenaga kerja secara langsung.

“Tentu senang ya hari ini Presiden hadir dan bisa menunjukkan kepada dunia di tengah situasi ekonomi yang sulit, investasi masih masuk di Jawa Tengah, dan kita tunjukkan bahwa tingkat layanan kita pada investasi sangat serius,” katanya.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Apresiasi Kerja Sama PT KHE dengan Sumitomo untuk Pengembangan PLTA di Kaltara

Menurut Ganjar, masuknya investasi dari Wavin yang sudah melakukan groundbreaking bersama Presiden Jokowi, menunjukkan pada dunia jika investasi jalan terus, dan negara ini terpercaya untuk investasi.

Dia menegaskan apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, kalau negara itu tidak dipercaya, maka tidak akan mungkin ada investasi masuk dalam situasi ekonomi yang sulit seperti ini.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Sebut Persiapan Pernikahan Kaesang, 99 Persen

Minggu, 4 Desember 2022 | 16:53 WIB

Kemnaker Buka Akses Pemagangan ke Korea

Minggu, 4 Desember 2022 | 04:32 WIB
X