• Rabu, 30 November 2022

BLK Komunitas, Dorong Agar Bisa Menghasilkan Wirausahawan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:37 WIB
Menaker Ida Fauziyah (tengah)
Menaker Ida Fauziyah (tengah)
 
 
SUARAKARYA.ID: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah kembali mendorong para pengelola Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas agar dalam menerapkan kejuruan pelatihannya, disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal. 
 
Selain itu, di BLK Komunitas kejuruannya juga harus dapat mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha.
 
Dengan begitu, kata Menaker, keberadaan BLK Komunitas pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran dan memulihkan perekonomian, serta kondisi sektor ketenagakerjaan di masa pandemi dan setelahnya.
 
 
"Melalui BLK Komunitas, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tidak hanya mendorong terciptanya lapangan kerja untuk diri sendiri. Tapi juga, lapangan kerja untuk masyarakat luas dengan menjadi entrepreneur," kata Menaker, pada acara peresmian BLK Komunitas di Pesantren Tanwiriyyah Cianjur, Jawa Barat, Selasa (4/10/2022).
 
Menaker mengemukakan, Kemnaker telah memulai program pembangunan BLK Komunitas sejak 2017. Dan, pada 2021 yang lalu, penyebaran pembangunan BLK Komunitas menjadi lebih luas lagi dengan melibatkan komunitas serikat pekerja/serikat buruh.
 
"Alhamdulillah, pada tahun 2021, Kemnaker  telah membangun 785 BLK Komunitas. Sehingga, sampai  akhir 2021, secara total sejak tahun 2017, pemerintah melalui Kemnaker telah berhasil mendirikan 2.912 lembaga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," terangnya. 
 
 
Menaker mengatakan, untuk tahun 2022 ini, Kemnaker tetap berkomitmen dalam akselerasi pelatihan kerja melalui pembangunan BLK Komunitas, sebagai bagian dari agenda peningkatan SDM ketenagakerjaan Indonesia.
 
"Untuk tahun 2022, Kemnaker menargetkan jumlah pembangunan BLK Komunitas sebanyak 900 lembaga," ucapnya.***

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemnaker Dorong Lembaga K3 Tingkatkan Mutu Layanan K3

Senin, 28 November 2022 | 21:58 WIB
X